Tiga Cara Menyeduh Kopi Nikmat Tanpa Dripper atau Alat Seduh Kopi

Ngopi  

Ada banyak cara untuk menyeduh kopi di rumah, selain menggunakan kopi instan alias sachet atau dengan alat manual brew. Nah, bagi sobat yang bosan menyeduh kopi instan atau manual brew seperti V60 dan lainnya, bisa mencoba cara berikut.

Sobat bisa memanfaatkan alat-alat yang biasa ada di dapur untuk membuat kopi nikmat. Yang sobat butuhkan hanyalah biji kopi atau bubuk kopi segar. Meski bisa juga menggunakan kopi instan, tetapi hasil seduhan akan terasa lebih nikmat jika kita menggunakan biji kopi segar.

Untuk mendapatkan biji kopi saat ini sangat mudah. Karena sudah banyak kedai-kedai kopi yang menjual biji kopi utuh, atau bisa juga kita membelinya via toko online.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Berikut tiga cara menyeduh kopi tanpa alat kopi:

Kopi Panci

Cara pertama adalah sobat bisa menyeduh kopi dengan menggunakan panci kecil atau saucer, yang ada di dapur. Sebenarnya cara ini merupakan cara tradisional yang sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Seperti di wilayah Jawa Tengah, kopi ini dikenal dengan kopi klothok.

Untuk membuat kopi panci, caranya mudah. Pertama sobat siapkan biji kopi atau kopi bubuk yang digiling kasar sebanyak kurang lebih dua sendok makan. Kedua air, kurang lebih 700 ml. Ketiga, panci kecil atau saucer. dan terakhir, cobalah campurkan dengan sejumput garam.

Cara membuatnya, didihkan air di dalam panci. Setelah itu masukan kopi dan garam, jangan lupa sambil diaduk ya agar kopi tidak menempel di dasar panci dan tidak gosong. Rebus kopi kurang lebih 2 sampai 3 menit sambil terus di aduk.

Setelah itu angkat dan tuangkan ke gelas. Nah, kopi panci yang nikmat siap untuk diseruput. Oiya, untuk biji kopi yang digunakan bisa arabica dengan tingkat roasting medium atau gelap. Tapi jika sobat suka kopi yang 'strong' bisa juga gunakan robusta.

Kopi Tubruk

Kopi tubruk sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tetapi jika biasanya sobat menikmati kopi tubruk dengan menggunakan bubuk kopi instan, cobalah menggunakan bubuk kopi segar.

Untuk membuat kopi tubruk, sangat mudah. Sobat tidak perlu menggunakan berbagai macam alat seduh. Cukup siapkan bubuk kopi dan air panas.

Sobat bisa menggunakan bubuk kopi dengan tingkat gilingan halus atau kasar, tergantung kopi yang digunakan. Cara membuat kopi tubruk, pertama masukan kopi sebanyak satu sendok makan ke dalam gelas, kemudian tuangkan dengan air panas.

Diamkan dulu selama kurang lebih lima menit. Jika sudah, sobat bisa mengangkat sisa kopi yang ada dipermukaan gelas menggunakan sendok. Dan, secangkir kopi nikmat siap diseruput.

Kopi Celup

Cara ketiga untuk menyeduh tanpa alat kopi adalah dengan metode kopi celup. Selain harus menyiapkan bubuk kopi segar, sobat juga perlu menyediakan kantong celup, seperti yang digunakan di teh celup. Kantong ini bisa sobat beli di toko online.

Untuk menyeduh dengan cara ini, pertama sobat masukan satu sendok makan kopi ke dalam kantong. Setelah itu tinggal seduh dalam segelas air panas. Biarkan sekitar 5 menit baru diangkat.

Meski sedikit repot, tapi dengan cara ini sobat bisa mendapatkan secangkir kopi yang lebih clean, tanpa ampas.

Itu tiga cara menyeduh tanpa alat kopi yang bisa sobat coba. Cara ini mungkin cocok untuk sobat yang tidak mau repot menggunakan dripper atau alat kopi. Selamat mencoba, selamat ngopi sobat.

Baca Juga:

Bolehkan Minum Kopi Saat Sahur? Simak Jawabnya Agar Puasa Aman

Ini Deretan Kopi Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia loh

Apakah Kopi Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image