Bolehkan Minum Kopi Saat Sahur? Simak Jawabnya Agar Puasa Aman

Ngopi  

Umat muslim akan menjalani ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriah mulai Kamis (23/3). Bagi sobat yang merupakan pencinta kopi, mungkin bertanya bolehkan minum kopi saat sahur?.

Jawaban untuk pertanyaan di atas adalah, minum kopi saat sahur tidak dianjurkan. Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya tidak minum kopi saat sahur. Menurut Pakar Gizi Seala Septiani, kopi mempunyai sifat diuretik atau mendorong mengeluarkan simpanan cairan yang ada di dalam tubuh.

Nah, jika sobat minum kopi saat sahur, apalagi dalam jumlah banyak, maka dikhawatirkan cairan tubuh akan mudah sekali keluar yang bisa menyebabkan tubuh kita menjadi cepat lemas pada siang hari. Padahal, saat berpuasa tubuh sangat membutuhkan cairan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Link Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 dari Kementerian Agama, Mudah dan Gratis

Download GB WhatsApp Pro v17.30 Terbaru Maret 2023, Ada Fitur-Fitur Unik

YTMP3, Download Mp3 Lagu Religi Populer Gratis

Pakar gizi Seala Septiani menyarankan, usahakan untuk mengasup cairan dalam jumlah cukup yang berasal dari air putih, bukan karbohidrat sederhana seperti sirup, kopi atau teh. Selain itu, minum kopi setelah makan sahur juga berpotensi memperlambat kemampuan tubuh menyerap zat besi dan mineral dari makanan yang dikonsumsi.

Dikutip dari linisehat.com, berdasarkan studi dari University of Guelph, daya menyerap zat besi dan mineral dalam tubuh akan berkurang menjadi 80 persen jika langsung minum kopi setelah makan. Hal ini karena zat polifenol yang ada dalam kopi merupakan penghambat utama penyerapan zat besi.

Hal lain yang bisa timbul jika sobat minum kopi saat sahur adalah rasa nyeri di maag atau perut. Tentu saja rasa nyeri ini bakal menganggu kenyamanan sobat berpuasa sepanjang hari. Jadi sebaiknya sobat perbanyak minum air putih saat sahur ya.

Apakah tidak boleh minum kopi saat sahur? jawabnya boleh saja. Mungkin sobat harus mengurangi dosis kafein dalam kopi yang diminum. Caranya bisa dengan menggunakan kopi decaf yang ada di pasaran. Atau jika sobat menyeduh sendiri, bisa mengurangi takaran penggunaan bubuk kopi.

Misalnya sobat biasa menggunakan dua sendok kopi untuk satu cangkir, mungkin bisa dikurangi satu sendok saja. Atau jika sobat menyeduh kopi dengan cara manual brew di rumah, bisa dengan cara mengurangi berat biji kopi yang digunakan dari 15 gram menjadi 10 atau 12 gram. Selain itu cobalah menyeduh dengan perbandingan panjang, yakni 1:18.

Oiya, jangan lupa pilih juga biji kopi yang karakternya balance dan tidak mempunyai tingkat keasaman (acidity) yang tinggi ya. Selamat menjalankan ibadah puasa sobat.

Baca Juga:

SSSTikTok, Download Video TikTok Gratis Bebas Watermark Tanpa Aplikasi

Download Video Viral TikTok Tanpa Watermark dengan MusicallyDown

Cara Download Foto dan Video Instagram di iGram.io, Gratis dan Mudah

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image