Apakah Kopi akan Kehilangan Kandungan Kafein Jika tidak Segera Diminum?

Ngopi  

Banyak orang yang minum kopi karena ingin mendapatkan manfaat dari kafein, yang dipercaya bisa menghalau rasa kantuk dan lelah hingga menyegarkan pikiran. Banyak 'mitos' tentang kafein dalam kopi, seperti salah satunya apakah kafein bisa hilang jika kopi yang kita seduh tidak cepat-cepat kita minum?

Banyak mitos tentang kafein dalam kopi.
Banyak mitos tentang kafein dalam kopi.

Jika sobat penasaran dengan pertanyaan di atas, maka jawabannya adalah tidak. Kafein dalam kopi yang kita seduh tidak bakal hilang atau menguap hanya karena kita tidak cepat-cepat meminumnya. Untuk lebih jauh membahas hal tersebut, pertama kita harus tahu apa itu kafein?

Kafein adalah senyawa stimulan yang terdapat pada beberapa makanan dan minuman. Jadi bukan hanya kopi yang punya kandungan kafein ya. Pada manusia, kafein merupakan salah satu zat yang bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat. Bila sudah terserap dalam tubuh, kafein akan bekerja seperti adenosin, yakni senyawa yang berperan sebagai neurotransmitter inhibitor (menghambat sinyal otak) dan berikatan dengan reseptor (penerimaan) pada otak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Hanya saja, kafein akan memanfaatkan seluruh reseptor adenosin pada otak, sehingga sel tubuh tidak dapat mendeteksi adenosin. Hasilnya, sel tubuh akan menjadi lebih aktif karena tidak ada adenosin yang merilekskan. Akibatnya, otak menganggap hal ini sebagai pertanda bahaya bagi tubuh dan memicu reaksi adrenalin. Maka dari itu, beberapa orang menggunakan manfaat dari kafein ini untuk tetap terjaga ketika merasa lesu atau mengantuk. Nah, pada pohon kopi, zat kafein berfungsi sebagai perisai untuk melindungi hama dan penyakit.

Baca Juga:

Sejarah Kopi Instan yang Perlu Kamu Ketahui

Apa itu Cafe Latte? Menu Kopi Favorit Semua Kalangan

Apa itu Flat White? Menu Kopi 'Saudara' dari Cappuccino dan Latte

Banyak hal tentang kafein yang menjadi 'mitos' seperti terkait kafein bisa menguap dan hilang. Jika sobat berpikir bahwa zat kafein akan hilang jika biji kopi yang kita beli terlalu lama disimpan dan tidak digunakan, maka sobat telah salah.

Sebab, kafein yang terkandung dalam biji kopi utuh alias belum digiling tidak akan dengan cepat hilang meski sobat terlalu lama menyimpan biji tersebut. Yang benar, jika sobat terlalu lama menyimpan biji kopi, maka kesegarannya yang akan hilang. Sehingga jika sobat gunakan alias seduh, maka karakter rasa kopi sudah tidak sebaik saat masih segar, sementara kandungan kafein tidak bakal berkurang.

Hal yang sama juga terjadi jika sobat terlalu lama menyimpan biji kopi yang sudah digiling. Kafein sama sekali tidak hilang saat biji kopi digiling. Yang bakal hilang jika kita terlalu lama menyimpan bubuk kopi adalah kesegaran yang akan mempengaruhi rasa kopi yang kita seduh.

Lalu apakah kafein akan hilang jika kita menyeduh kopi dan membiarkannya terlalu lama atau tidak langsung diminum? lagi-lagi jawabannya adalah tidak. Kandungan kafein yang ada dalam kopi yang kita seduh akan tetap sama meski kita langsung meminum begitu kopi selesai diseduh, atau kita diamkan dan baru kita minum enam jam bahkan 12 jam kemudian. Kandungan kafein dalam kopi yang kita seduh sama sekali tidak hilang, menguap atau berkurang.

Lagi-lagi yang terjadi jika kita terlalu lama mendiamkan kopi yang sudah diseduh, maka kopi itu akan kehilangan aromanya, serta karakter rasa yang akan berubah. Seperti aroma kopi tidak akan seharum saat baru diseduh, dan biasanya kopi yang sudah dingin akan muncul rasa pahit yang dominan.

Jadi kesimpulannya, sobat tidak perlu khawatir kafein dari kopi yang diseduh akan hilang, menguap atau berkurang hanya karena tidak kopi tersebut tidak cepat-cepat kita minum. Kafein sebenarnya adalah senyawa yang sangat stabil, dan tidak cepat terdegradasi.

Bahkan di dunia farmasi, kafein sebagai bahan kimia yang memiliki umur simpan sekitar empat tahun sebelum terjadi perubahan yang signifikan, dan kafein dalam larutan dapat stabil hingga beberapa tahun pada suhu dingin.

Sumber: beanground.com, hallosehat.com

Baca Juga:

YTMP3 Download dan Convert Lagu Tercepat dari Youtube Jadi MP3

Y2Mate, Cara Cepat dan Mudah Download Video Youtube Jadi MP3

iGram.io, Download Video Reels Instagram Tanpa Aplikasi

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image