Apa itu Cafe Latte? Menu Kopi Favorit Semua Kalangan

Ngopi  

Cafe latte atau biasa juga dikenal dengan latte menjadi salah satu menu minuman berbahan dasar kopi yang paling digemari berbagai kalangan. Apakah sobat mlipir tahu jika cafe latte tercipta karena rasa 'tidak suka' dengan cappuccino?

Cafe latte dan cappuccino merupakan dua minuman yang berbahan dasar espresso (espresso base). Dibanding cafe latte, cappuccino sudah lebih dulu dikenal oleh masyarakat dunia. Seiring semakin meningkatnya popularitas kopi, akhirnya terciptalah cafe latte.

Disebut-sebut bahwa cafe latte mulai muncul sekitar tahun 1950-an. Semua berawal dari orang Amerika yang kurang pas dengan cappuccino. Jika orang-orang Italia, atau Eropa umumnya menyukai cappuccino, maka lidah orang Amerika merasa jika cappucino terlalu 'strong' alias kuat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Kode Redeem Free Fire Max 22 Februari 2023, Gratis Berbagai Item Penting

YTMP3, Ini Cara Download Video di Youtube dengan Mudah

Apa itu Flat White? Menu Kopi 'Saudara' dari Cappuccino dan Latte

Akhirnya, resep cappuccino mengalami modifikasi dengan ditambah lebih banyak susu dan terciptalah cafe latte. Dalam bahasa Italia Latte artinya susu, sehingga Cafe Latte artinya kopi susu. Yang membedakan Cafe Latte dengan Cappuccino adalah banyaknya susu yang digunakan.

Cafe latte biasanya menggunakan susu yang lebih banyak dibandingkan Cappuccino. Selain itu, perbedaan dengan Cappucino adalah pada proses steaming susu. Pada Cappucinno, susu disteam hingga menghasilkan foam yang tebal, maka pada Cafe Latte proses steam susu hanya sampai menghasilkan micro foam atau foam yang lebih halus.

Jadi biasanya jika kita memesan Cafe Latte maka barista akan membuat latte art diatas foam tersebut, baik itu berbentuk hati hingga yang lebih sulit. Secara gampang komposisi dalam secangkir cafe latte terdiri dari 2/3 espresso, 1/3 susu dan milk foam. Cafe Latte mempunyai karakter rasa kopi yang lebih ringan dibanding Cappucino dan cenderung creamy. Dibandingkan cappuccino, cafe latte lebih bisa dicampur dengan berbagai syrup perasa seperi vanilla dan lainnya.

Latte dapat disajikan panas atau dingin, membuatnya dengan cepat menjadi favorit banyak orang. Banyak orang yang bertanya apakah cafe latte punya kandungan kafein lebih sedikit dari cappuccino? jawabnya adalah tidak selama jumlah espresso yang digunakan sama. Sebagai contoh, jika satu kedai membuat cafe latte dan cappucino dari satu shot espresso, maka kandungan kafeinnya akan sama, meski cafe latte menggunakan lebih banyak susu.

Baca Juga:

Vidmate, Download Video HD dari Youtube dan Berbagai Medsos Secara Gratis

Download GB WhatsApp Plus (WA Plus) 2023, Bisa Disable Voice dan Video Call

MP3Juice, Download Video Musik Youtube Full HD Gratis dan Aman

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image