Apakah Kopi Bisa Kedaluwarsa? Ini Jawabannya

Ngopi  

Kopi merupakan bahan minuman yang hampir ada di setiap rumah hingga kantor. Apapun bentuknya, baik itu dalam bentuk biji utuh atau kopi instan, orang-orang biasa menyimpannya. Mungkin sobat pernah bertanya, apakah kopi bisa kedaluwarsa?.

Jawaban singkatnya, ya tentu saja kopi bisa kedaluwarsa. Ingat kopi termasuk dalam bahan makanan ya sobat. Tetapi, kedaluwarsa kopi berbeda dengan bahan makanan lain. Misalkan, daging jika sudah kedaluwarsa maka akan membusuk. Pada kopi, kita tidak bakal menemukan kopi yang membusuk.

Jangka waktu kedaluwarsa kopi juga berbeda antara kopi yang sobat beli dalam bentuk biji utuh atau specialty dengan kopi instan yang sobat dapatkan di minimarket, warung atau supermarket. Untuk kopi instan yang dibeli sudah dalam bentuk bubuk, biasanya jangka waktu umur simpan antara 1-2 tahun.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk itu, sobat jika membeli kopi instan sebaiknya memperhatikan betul tanggal kedaluwarsanya. Tetapi, meski begitu sobat masih aman kok jika mengkonsumsi kopi tersebut hingga 6 bulan setelah tanggal kedaluwarsa, apalagi jika bungkus kopi sama sekali belum dibuka.

Sementara jika sobat membeli kopi dalam bentuk biji utuh, seperti kopi specialty, sebaiknya jangan disimpan lebih dari satu bulan. Jadi perhatikan betul tanggal roasting atau sangrai biji kopi yang sobat beli, sebaiknya beli biji kopi yang benar-benar baru selesai diroasting. Dan, sebaiknya jangan membeli dalam jumlah banyak sekaligus jika sobat memang hobi menyeduh dengan jenis kopi berbeda setiap hari.

Mengapa kopi instan punya jangka waktu kedaluwarsa yang lebih lama?. Jawabnya karena sudah melewati berbagai proses sebelum dipacking. Sobat bisa membaca soal kopi instan secara lebih lengkap disini:

Sejarah Kopi Instan yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti disebutkan sebelumnya, kopi bisa kedaluwarsa tetapi tidak seperti bahan makanan lainnya. Kopi yang sudah lewat waktu terbaik untuk diseduh atau umur simpannya tidak akan membusuk. Kopi yang sudah lewat umur simpannya akan mengalami perubahan seperti:

Penurunan kualitas rasa

Kopi yang sudah kedaluwarsa akan mengalami penurunan kualitas rasa. Hal ini bisa ditemukan khususnya pada kopi single origin. Seperti kita tahu, setiap kopi punya karakter rasa yang berbeda. Nah, jika sobat membeli kopi single origin, biasanya akan dituliskan noted rasa dalam kopi yang bisa kita temukan saat diseduh. Tetapi jika kopi sudah lewat masa simpannya alias kedaluwarsa, jika diseduh maka karakter rasa itu tidak akan keluar, bahkan rasa kopi cenderung hambar dan hanya menyisakan pahit saja.

Hilangnya aroma segar pada kopi

Kopi yang telah lewat masa simpannya akan kehilangan aroma saat diseduh. Seperti kita tahu, kopi belum lama diroasting akan mengeluarkan aroma harum jika kita seduh, tetapi aroma ini akan hilang jika sudah lewat masa simpannya. Aroma kopi dihasilkan dari oksigen yang masih terperangkap dalam biji kopi saat diroasting, dan akan hilang jika telalu lama disimpan.

Biji kopi akan terlihat kusam

Jika kita membeli biji kopi yang baru atau belum lama diroasting alias masih segar, maka penampakan biji kopi akan terlihat licin bahkan jika level roastingnya dark, akan sedikit berminyak. Nah, salah satu cara untuk melihat apakah kopi itu sudah lewat masa simpannya (kedaluwarsa) adalah biji kopi akan terlihat kusam. Hal ini karena lipid pada biji kopi telah menghilang.

Lalu apakah biji kopi yang sudah kedaluwarsa masih bisa diminum? jawabnya tentu saja bisa. Tetapi kita tidak bakal menemukan cita rasa dan aroma seenak biji kopi yang masih segar.

Selain harus memastikan tanggal kedaluwarsa untuk kopi instan, dan tanggal roasting untuk biji kopi utuh, jika sobat membeli kopi pastikan disimpan di tempat yang tidak lembab, kedap udara dan tidak terkena sinar langsung ya sobat. Sebab, meski baru dibeli kopi bisa kehilangan rasa dan aromanya jika disimpan tidak benar. Ingat oksigen adalah musuh utama biji kopi segar. Nah, itu penjelasan apakah kopi bisa kedaluwarsa atau tidak. Selamat ngopi sobat.

Baca Juga:

11 Maret Jadi Hari Kopi Nasional, Ini Sejarahnya

Apakah Kopi akan Kehilangan Kandungan Kafein Jika tidak Segera Diminum?

Apa itu Cafe Latte? Menu Kopi Favorit Semua Kalangan

Apa itu Flat White? Menu Kopi 'Saudara' dari Cappuccino dan Latte

9 Manfaat Rutin Minum Kopi, dari Bisa Jaga Hati Sampai Perpanjang Umur

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image