9 Manfaat Rutin Minum Kopi, dari Bisa Jaga Hati Sampai Perpanjang Umur

Ngopi  

Banyak orang, mungkin termasuk sobat, yang menjadikan kopi sebagai minuman wajib setiap hari bahkan tak bisa memulai kerja pada pagi hari sebelum ngopi. Hal itu karena selain punya rasa yang nikmat, kopi bisa memberikan kita efek positif seperti menigkatkan fokus dan energi untuk memulai hari.

Hal itu karena kopi mengandung kafein, yang jika kita minum bisa membuat 'anti ngantuk'. Tapi sebenarnya bukan hanya itu saja loh efek positif dari kopi. Berikut 9 keuntungan jika kita rutin minum kopi:

1. Meningkatkan level energi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kopi mengandung kafein, yang bisa menstimulasi sistem syaraf pusat untuk melawan rasa lelah dan meningkatkan level energi. Hal ini terjadi karena kafein bisa memblokir reseptor neurotransmitter yang disebut adenosisn, dan ini meningkatkan kadar neurotransmitter lain di otak kita yang mengatur tingkat energi kita, termasuk dopamin.

Studi kecil yang dilakukan oleh pesepeda, ditemukan minum kopi bisa membuat pesepeda tidak mudah kelelahan dibanding tak minum kopi. Jadi kesimpulannya, kafein yang terkandung dalam kopi berfungsi sebagai stimulan yang bisa meningkatkan tingkat energi dan mengurangi kelelahan dengan mengubah tingkat neurotransmiter tertentu di otak.

2. Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi secara teratur dapat dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2 dalam jangka panjang. Faktanya, satu ulasan dari 30 penelitian menemukan bahwa setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko 6 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Hal ini diduga karena kemampuan kopi untuk menjaga fungsi sel beta di pankreas kita, yang bertanggung jawab memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Selain itu, kaya akan antioksidan dan dapat memengaruhi sensitivitas insulin, peradangan, dan metabolisme, yang semuanya terlibat dalam perkembangan diabetes tipe 2.

Baca Juga:

Tips Agar Bisa Cepat Tidur Usai Minum Kopi Malam Hari

Apa itu Kopi Dark Roast dan Light Roast? Ini Perbedaannya

Apa itu Kopi French Roast dan Bagaimana Cara Menyeduh yang Ideal

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image