11 Maret Jadi Hari Kopi Nasional, Ini Sejarahnya

Ngopi  

11 Maret diperingati sebagai Hari Kopi Nasional. Penetapan 11 Maret sebagai Hari Kopi Nasional, bukan berarti pada tanggal itu kopi pertama kali masuk ke Indonesia. Lalu bagaimana sejarah dibalik penetapan Hari Kopi Nasional?

Jika masyarakat dunia merayakan Hari Kopi setiap tanggal 1 Oktober, maka Indonesia, sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar memperingatinya setiap tanggal 11 Maret. Sama seperti penetapan hari kopi dunia, penetapan hari kopi nasional juga tidak ada hubungannya dengan sejarah masuknya kopi ke Indonesia.

Peringatan Hari Kopi Nasional, merujuk pada dibentuknya Dewan Kopi Indonesia (Dekopi), yang diprakarsai oleh mantan Menteri Pertanian RI Anton Aprianto. Dekopi sebenarnya awalnya dideklarasikan pada 9 Desember 2017 di Yogyakarta, tetapi baru pada 11 Maret formatur kepengurusan Dekopi terbentuk, dan dikukuhkan oleh Menteri Pertanian saat itu, Amran Sulaiman. Nah, begitu cerita dibalik penetapan Hari Kopi Nasional, jadi tidak ada hubungannya dengan kapan kopi pertama kali masuk dan ditanam di Indonesia yang sobat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

 

Sejarah Kopi Instan yang Perlu Kamu Ketahui

Apa itu Cafe Latte? Menu Kopi Favorit Semua Kalangan

Apakah Kopi akan Kehilangan Kandungan Kafein Jika tidak Segera Diminum?

Lebih jauh, Dekopi punya cita-cita untuk memacu perkopian nasional serta mengembalikan kejayaan kopi asal Indonesia. Dekopi ingi kopi asal Indonesia bukan hanya menjadi 'raja' di negara sendiri tetapi juga unggul di dunia Internasional.

Seperti kita tahu, Indonesia saat ini masih menjadi negara keempat terbesar penghasil kopi dunia. Berdasarkan data tahun 2020, posisi pertama negara penghasil kopi terbesar di dunia masih ditempati oleh Brazil dengan total 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram. Di posisi kedua ditempati oleh Vietnam dengan total 29 juta karung. Posisi ketiga ditempati oleh Kolombia dengan total 14,3 juta karung. Sementara Indonesia baru mampu menghasilkan 11,95 juta karung.

Indonesia dulu kala pernah merajai pendagangan kopi di dunia, dan kopi asal Nusantara menjadi yang terbaik. Saat ini Indonesia juga menempati posisi keempat pengekspor kopi terbesar di dunia. Tetapi, dibanding negara-negara lain, Indonesia tidak hanya mengekspor kopi arabika tetapi juga robusta. Selain itu, kopi Arabica asal Indonesia punya beragam karakter rasa dan berbeda untuk tiap wilayah penghasilnya.

Baca Juga:

Link Download Lagu MP3 Gratis dari Youtube Pakai MP3 Juice

Download Vidmate Versi Terbaru 2023, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Download GB WhatsApp Apk Versi Maret 2023, Cek Cara Hindari Akun Terblokir

Berita Terkait

Image

Metode-Metode Menyeduh Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image