Apa itu Kopi Dark Roast dan Light Roast? Ini Perbedaannya

Umum  

Apakah sobat mlipir tahu apa perbedaan antara biji kopi light roast dan dark roast?. Banyak orang yang tidak tahu jika dua jenis level roast (sangrai atau panggang) punya perbedaan yang cukup signifikan. Nah, untuk sobat yang ingin tahu apa perbedaan kopi light roast dan dark roast, simak artikel berikut.

Roasting kopi 
Roasting kopi

Apa itu kopi dark roast?

Roasting kopi adalah proses penyangraian atau pemanggangan kopi green bean yang telah selesai proses pascapanen dan penjemuran. kopi dark roast adalah biji kopi yang disangrai atau dipanggang sekitar kurang lebih 15 menit dengan suhu di atas 400 derajat Fahrenheit atau 204 derajat celsius di dalam tabung. Saat pemanggangan biasanya akan terdengar dua kali letupan (seperti saat membuat pop corn) yang menandakan level kopi sudah mencapai dark roast.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Roasting kopi
Roasting kopi

Apa itu kopi light roast?

Kopi light roast adalah biji kopi yang disangrai atau dipanggang kurang lebih 10 menit, dengan suhu antara 350 sampai 400 derajat Fahrenheit atayu 177 sampai 204 derajat celsius. Kopi light roast tidak boleh disangrai melebihi suhu 400 derajat Fahrenheit atau di atas 10 menit. Kopi yang disangrai diatas 400 derajat Fahrenheit atau di atas 10 menit sudah tidak lagi dianggap sebagai kopi light roast.

Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Mana yang Punya Kandungan Kafein Lebih Banyak?

Banyak yang salah paham bahwa kopi dark roast, dengan penampilan biji kopi yang gelap punya kandungan kafein yang paling tinggi. Nyatanya, kopi light roast justru punya kandungan kafein sedikit lebih tinggi dibandingkan dark roast.

Kenapa light roast punya kandungan lebih banyak kafein dibanding dark roast? Jawabannya karena durasi penyangraian.

Biji kopi light roast karena disangrai dalam waktu singkat, maka beratnya tidak banyak berubah dari green bean. Begitu juga zat-zat yang terkandung didalam biji tidak banyak yang hilang. Jadi sebenarnya bukan hanya kandungan kafein saja, tetapi juga tingkat keasaman dan karakter rasa lainnya dalam kopi light roast tidak banyak hilang.

Sementara untuk biji kopi dark roast, karena disangrai dalam durasi lama dengan suhu yang tinggi, maka kopi akan mengembang dan memuai. Hal ini menyebabkan massa kopi akan semakin ringan karena hilang dan menguapnya kandungan-kandungan zat yang ada di dalam biji kopi.

kopi (ilustrasi)
kopi (ilustrasi)

Apa Perbedaan Rasa Light Roast dengan Dark Roast?

Kopi yang dibuat dari biji light roast punya rasa yang lebih ringan dan 'lembut'. Biasanya, penampilan kopi dari biji light roast lebih tipis atau biasa disebut encer seperti teh. Hal ini karena singkatnya proses penyangraian tidak sampai menghasilkan sekresi minyak biji kopi, yang membuat kopi lebih kental. Rasa kopi light roast dapat digambarkan sebagai lebih asam, lebih renyah, dan dengan profil rasa yang lebih cerah.

Kopi yang dibuat dari biji dark roast punya rasa yang lebih pekat, berat, gelap tapi lebih sederhana. Kopi yang dibuat dari dark roast akan lebih kental karena minyak alami tersebut di atas. Profil rasa kopi dark roast dapat digambarkan sebagai dalam, seperti kacang, tebal, dan bahkan seperti cokelat. Kopi dark roast juga terasa lebih pahit.

Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Mana yang Lebih Enak?

Jika berbicara mana yang lebih enak antara biji kopi light roast atau dark roast, maka hal itu kembali ke selera masing-masing individu. Jika sobat menyukai kopi yang lebih ringan, dengan karakter rasa yang lebih jelas dan suka rasa asam dari kopi, maka kopi light roast adalah yang paling tepat. Tetapi jika sobat suka minum kopi yang pekat, tebal, terasa kuat dan punya karakter rasa simple, maka kopi dark roast adalah pilihan tepat.

Jadi kesimpulannya, semua kopi enak apapun level roastingnya, hanya selera kita yang berbeda. Selamat ngopi sobat.

Sumber: poconodessertco

Baca Juga:

Apa itu Kopi French Roast dan Bagaimana Cara Menyeduh yang Ideal

Ini Lima Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

Dimana Kedai Kopi Pertama di Dunia, Eropa, Amerika dan Indonesia? Ini Jawabannya

Tips Menyeduh Kopi Pagi Agar Semakin Nikmat dan Mantap

Bro Tahu Gak? Kafein Bukan Penyebab Utama Rasa Pahit pada Kopi

Apakah Boleh Anak-anak Minum Kopi? Ini Faktanya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image