Tips Menyeduh Kopi Pagi Agar Semakin Nikmat dan Mantap

Ngopi  

Meluangkan waktu sejenak sambil menikmati secangkir kopi pada pagi hari adalah cara yang baik sebelum memulai kesibukan beraktivitas. Terlebih jika kopi pertama yang sobat minum punya aroma dan rasa yang nikmat, maka semakin sempurnalah pagi hari anda. Ada beberapa cara mudah agar sobat bisa menyeduh kopi yang nikmat.

Kopi ilustrasi
Kopi ilustrasi

1. Pilih Biji Kopi Berkualitas

Saat ini banyak biji kopi berkualitas dengan rasa dan aroma mengesankan yang bisa sobat pilih. Ada banyak biji kopi yang enak yang bisa dicoba, sobat tinggal membeli dari supermarket atau roastery-roastery yang bagus. Biji kopi berkualitas juga tidak selalu harus mahal loh, yang penting sobat harus rajin mencoba berbagai merk dan hasil roastingan dari roastery itu, sampai menemukan yang pas di lidah juga di kantong.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

2. Simpan Biji Kopi dengan Baik

Setelah mendapatkan biji kopi yang sesuai, sobat jangan lupa menyimpannya dengan benar ya agar selalu segar saat diseduh. Sobat bisa menyimpan biji kopi favorit di tempat yang kedap udara, teduh, kering dan gelap, tapi jangan di freezer lemari es ya. Jika sobat menyimpan di wadah yang bening, usahakan jangan sampai terpapar matahari dan panas. Selain itu, jangan juga membeli biji kopi dalam jumlah banyak sekaligus. Meski mungkin sobat berpikir membeli dalam jumlah banyak harganya lebih murah, tetapi kesegaran biji kopi bisa hilang jika terlalu lama disimpan. Idealnya, biji kopi harus habis digunakan dalam jangka waktu satu bulan setelah tanggal roasting dan jika sobat membeli kopi bubuk, idealnya harus sudah habis diseduh dalam jangka waktu dua minggu setelah kemasan dibuka.

3. Temukan Ukuran Gilingan Terbaik untuk Biji Kopi yang Digunakan

Meski terdengar repot harus menggiling biji setiap akan menyeduh kopi, tapi percayalah hal itu sangat worthy untuk dilakukan. Sebab biji kopi yang baru digiling mampu mengeluarkan aroma yang paling nikmat. Ada banyak pilihan grinder atau penggiling kopi di pasaran dengan harga yang beragam mulai dari yang manual hingga elektrik. Kunci utama dalam memilih gilingan kopi bukan dari faktor harga ya sobat, tetapi bagaimana gilingan kopi itu bisa menghasilkan bubuk kopi yang konsisten jika digunakan.

Jika mempunyai grinder yang bagus, sobat tinggal memilih ukuran gilingan apa yang cocok untuk kopi yang akan diseduh. Ukuran gilingan ini penting agar kopi saat diseduh bisa terekstraksi dengan baik. Jika gilingan terlalu halus maka akan over extracted dimana kopi terasa lebih pahit dan kurang mengeluarkan karakter-karakter rasa, sedangkan jika gilingan terlalu kasar maka akan under extracted yang membuat kopi terasa lebih asam dan encer. Berikut ukuran gilingan berdasarkan metode menyeduhnya:

- Turkish Coffee: Sangat halus sekali seperti gula bubuk yang biasa untuk donat

- Espresso: Sangat halus seperti tepung

- Moka Pot: Halus seperti garam meja

- Pour-Over Dripper: medium to fine grind atau medium to coarse grind

- Drip Machine and Siphon Brewer: Medium grind seperti pasir

- Cold Brew, French Press, tubruk: gilingan bubuk kopi kasar seperti garam laut

Baca Juga:

Bro Tahu Gak? Kafein Bukan Penyebab Utama Rasa Pahit pada Kopi

Sis Tahu Gak? Efek Kafein Bertahan Lebih Lama pada Wanita DIbanding Pria

Apakah Boleh Anak-anak Minum Kopi? Ini Faktanya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image