Apa itu Kopi French Roast dan Bagaimana Cara Menyeduh yang Ideal

Ngopi  

Apakah sobat pernah mendengar kata biji kopi French Roast?. French roast bukan berarti biji kopi asal Prancis ya sobat, namun nama itu mengacu pada atau level roasting alias tingkat kematangan biji kopi saat disangrai.

Mungkin sobat masih asing dengan nama French roast, tapi hampir dipastikan sobat sudah terbiasa menikmati biji kopi French roast sejak lama. Apalagi jika sobat adalah seorang penikmat kopi hitam, pekat dan strong atau pengikut mahzab "coffee should be black as hell strong as death and sweet as love".

Proses penyangraian kopi
Proses penyangraian kopi

French roast adalah level sangrai kopi yang populer sejak lama, bahkan yang paling banyak bisa kita temukan saat membeli biji kopi di kedai, coffee shop, supermarket atau di warung-warung tradisional. Level sangrai French roast populer di sebagian besar Eropa sekitar awal abad ke-19. French roast juga dikenal dengan nama dark roasted.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ciri-ciri paling menonjol dari French roast yang bisa kita amati adalah biji kopi yang berwarna coklat gelap kehitaman. Sementara dari karakter rasa, French roast punya rasa yang beraroma smoky, tingkat keasaman rendah, agak manis, bodinya 'kurus', dengan rasa di mulut yang lebih encer daripada beberapa kopi.

Kopi French roast dibuat dengan cara menyangrai green bean kopi dengan mesin dan menggunakan suhu 240 derajat celcius. Kunci utama proses sangrai biji kopi french roast terletak pada second crack alias letupan kedua. Untuk diketahui, saat proses sangrai kopi akan mengeluarkan suara letupan seperti saat kita membuat popcorn. Nah, begitu terdengar letupan kedua, maka proses sangrai harus diselesaikan.

Selain berwarna coklat gelap, biji kopi french roast juga lebih berminyak pada permukaannya. Hal ini terjadi karena proses sangrai. Pada letupan pertama (first crack) biji kopi akan melepaskan uap yang ada di dalamnnya. Sementara pada letupan kedua, dinding sel kopi pecah dan melepaskan minyak ke permukaan biji.

Kopi french roast ideal untuk diseduh dengan beberapa cara. Pertama, sobat bisa membuat menjadi espresso dan kemudian menjadi cappucino atau latte. Sobat juga bisa menyeduh kopi french roast dengan menggunakan french press atau plunger serta secara simple dibuat menjadi kopi tubruk.

Baca Juga:

Ini Lima Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

Dimana Kedai Kopi Pertama di Dunia, Eropa, Amerika dan Indonesia? Ini Jawabannya

Tips Menyeduh Kopi Pagi Agar Semakin Nikmat dan Mantap

Bro Tahu Gak? Kafein Bukan Penyebab Utama Rasa Pahit pada Kopi

Apakah Boleh Anak-anak Minum Kopi? Ini Faktanya

Apa Beda Kopi Americano dan Espresso? Dua Kopi Hitam dengan Rasa yang Bold

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image