Negara Mana Penghasil Kopi Terbesar di Asia Tenggara? Jawabnya Bukan Indonesia

Ngopi  

Meski punya kekayaan khazanah kopi, Indonesia nyatanya belum bisa menjadi penghasil kopi terbesar di dunia bahkan di Asia Tenggara. Indonesia hanya menduduki peringkat ketiga penghasil kopi di dunia. Lalu, negara mana penghasil kopi terbesar di asia tenggara dan dunia.

Kopi ilustrasi.
Kopi ilustrasi.

Untuk negara penghasil kopi terbesar di dunia ditempati oleh Brasil. Berdasarkan data dari Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) tahun 2020, total produksi kopi Brasil berada diangka 63,4 juta juga karung. Satu karung kopi berukuran 60 kilogram. Sementara negara penghasil kopi terbesar di Asia Tenggara atau nomor dua di dunia ditempati oleh Vietnam.

Berdasarkan data USDA tahun 2020, total produksi kopi Vietnam mencapai 29 juta karung. Namun, berbeda dengan Brasil, Vietnam hanya memfokuskan diri memproduksi kopi robusta. Sementara Indonesia, berada di posisi ketiga dengan total 11,4 juta karung kopi. Apa yang membuat Indonesia tidak bisa mengulang sejarah menjadi penguasa perdagangan kopi di dunia seperti masa lampau? Praktisi kopi dari Jakarta Coffee Learning, Helmy Amien mengatakan hal tersebut terkait produktifitas.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Produktifitas dalam satu lahan kita masih rendah," ujarnya kepada Mlipir beberapa waktu lalu.

Namun, Helmy mengatakan posisi klasemen penghasil kopi terbesar di dunia tak perlu dirisaukan. Justru menurutnya saat ini pasar kopi lokal tengah mengalami peningkatan yang positif.

"Harus diingat kopi Indonesia baru kembali tumbuh lagi loh. Yang kerennya, serapan pasar nasional itu lebih tinggi dibanding ekspor. Memang untuk ekspor kita belum banyak karena terkait juga peraturan-peraturan dan standar yang berbeda-beda, tapi pasar lokal kita lagi seksi-seksinya, dan ini menurutnya lebih baik karena resiko lebih rendah," jelasnya.

Helmy melanjutkan nilai serapan dan nilai jual kopi Indonesia di tingkat lokal justru lebih tinggi. Berapapun harga kopi dan jumlanya pasti terserap pasar lokal. "Jadi tidak perlu khawatir dengan masa depan kopi Indonesia," ucapnya.

Helmy menambahkan, belum mampunya Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar di dunia juga tidak ada kaitannya dengan kualitas. Bahkan menurutnya karakter rasa kopi Indonesia paling susah disamakan dengan kopi luar.

"Paling bingung kalau ditanya bagaimana sih karakter kopi Indonesia. Karena banyak dan berbeda-beda dari Sumatra sampai Papua, kita punya kopu yang rasanya berbeda-beda," ujarnya.

"Bahkan misalkan ada yang tanya kopi asal Jawa karakter rasanya seperti apa saja itu bingung. Jawanya yang mana, Barat, Tengah atau Timur? Kalau ditanya Jawa Barat juga susah jelaskannya, karena banyak ada Ciwidey, Malabar, Bogor, Bandung dan banyak lagi," katanya menambahkan.

Baca Juga:

Penikmat Kopi Wajib Tahu Apa Perbedaan V60 dan Vietnam Drip

Menyeduh Metode V60 Pakai Kopi Apa? Simak Jawabannya Disini

Kopi yang Enak Merk Apa? Ini Jawabannya

Ini Perbedaan Proses Pasca Panen Kopi antara Metode Honey dan Natural

Ciri-ciri Kopi Robusta Seperti Apa? Ini Jawabannya

Siapa yang Pertama Kali Menemukan Kopi? Ini Orangnya

Apa itu WhatsApp Proxy Server yang Tengah Jadi Trending

Link Download GB WhatsApp Update Januari 2023, Ini Cara Instalnya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image