Kopi yang Enak Merk Apa? Ini Jawabannya

Ngopi  

Tingkat konsumsi kopi di masyarakat Indonesia terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. Hal ini mendorong semakin banyaknya bermunculan merk kopi di pasaran. Sehingga muncul pertanyaan kopi yang enak merk apa?

Kopi (ilustrasi)
Kopi (ilustrasi)

Munculnya pertanyaan kopi yang enak merk apa di masyarakat adalah hal yang wajar. Sebab, saat ini masyarakat disuguhkan berbagai macam merk kopi, khususnya yang instan di pasaran. Jika beberapa tahun sebelumnya, pilihan masyarakat hanya terbatas pada satu hingga tiga merk kopi saja yang tersedia dan mudah dijangkau alias dijual di warung-warung kelontong, kini deretan merk kopi memenuhi etalase di warung-warung, minimarket hingga supermarket besar dengan harga mulai ribuan hingga puluhan ribu.

Untuk menjawab kopi yang enak merk apa?, sebenarnya sulit untuk menentukan. Sebab, seluruh perusahaan yang mengeluarkan produk kopi olahan maupun saschet mengklaim produknya miliknya yang terenak dan ternikmat. Sehingga jawaban kopi yang enak merk apa, akan kembali ke individu yang meminumnya atau subjektif.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebab, selera satu orang dengan orang lainnya bisa sama namun juga bisa beda. Sebagai contoh, ada orang yang suka meminum kopi dengan gula, namun ada juga yang justru menilai gula merusak citarasa kopi. Salah seorang sobat mlipir pernah berbagi cerita, dia adalah seorang penikmat kopi yang bisa membuat dan menikmati kopi dengan metode pour over, baik itu dengan dripper V60, flat bottom atau wave bottom. Suatu ketika, ayahnya berkunjung ke rumah. Ia pun membuatkan kopi dengan menggunakan metode pour over V60.

Biji kopi yang digunakan pun yang berkualitas yakni Panama Geisha, salah satu biji kopi dengan harga mahal per gramnya. Namun begitu disajikan, ayahnya justru berkomentar "kopi apaan ini, asam". Akhirnya, teman saya mengganti dengan kopi instan yang bergambar alat transportasi laut dan respon orang tuanya kemudian mengatakan "Ini baru kopi".

Contoh kejadian itu menunjukan bahwa selera setiap orang tidak sama. Biji kopi mahal, specialty dan diseduh dengan cara kekinian tidak menjamin akan cocok di lidah semua orang. Sebaliknya, kopi instan yang murah bukan berarti dinilai tidak enak oleh semua orang. Nah, kesimpulannya jika ada pertanyaan kopi yang enak merk apa? maka jawabannya tidak bisa dipastikan dan semua tergantung selera masing-masing alias subjektif.

Jadi jangan pernah memaksakan dan mengklaim satu merk kopi adalah yang terbaik hanya lantaran kita suka. Ingat selalu "Bahwa semua kopi itu pada dasarnya enak hanya selera kita yang berbeda".

Baca Juga:

Ini Perbedaan Proses Pasca Panen Kopi antara Metode Honey dan Natural

Saveform.net, Download Video dari Youtube dan TikTok Sepuasnya

Download GB WhatsApp (WA GB) 2023 Gratis, Bisa Bebas Ganti Tema Sesuai Mood

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image