Apa itu WhatsApp Proxy Server yang Tengah Jadi Trending

Umum  

Aplikasi WhatsApp mengumumkan akan mulai membuka akses bagi pengguna tersambung ke server proxy. Pengumuman ini menjadi trending dalam beberapa waktu terakhir.

Pengguna WhatsApp ilustrasi.
Pengguna WhatsApp ilustrasi.

Apa itu, server proxy? server proxy merupakan perangkat atau software yang berfungsi sebagai perantaran pengguna dengan server website tujuan. Jadi, jika sobat mengakses WhatsApp, tidak langsung terhubung ke WA namun melalui server perantara terlebih dahulu. Ketika server atau perantara di blokir di suatu tempat, bukan berarti layanan mati total, namun hanya penyambungnya saja yang mati di tempat tersebut.

Pengumuman pengguna bisa terhubung ke proxy server disampaikan dalam situs resmi WhatsApp yang diposting pada 5 Januari lalu. Pihak WhatsApp menuliskan bahwa masih banyak orang yang belum memiliki kemampuan untuk menjangkau orang-orang yang karena adanya penutupan jaringan internet.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Untuk menangani hal tersebut, hari ini kami meluncurkan dukungan proksi bagi pengguna WhatsApp di seluruh dunia. Ini artinya, kami memberikan kemampuan untuk mempertahankan akses ke WhatsApp kepada orang-orang apabila koneksi mereka terblokir atau terganggu," tulis pihak WhatsApp.

Dengan memilih proxy, maka penguna dapat terhubung ke WhatsApp melalui server yang disiapkan untuk berkomunikasi dengan bebas. Pihak WhatsApp juga menjamin terhubung melalui proxy juga tetap akan mempertahankan tingkat keamanan dan tinggi.

Pesan pribadi sobat tetap akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end, artinya pesan tetap hanya berada di antara anda dan orang yang anda ajak berkomunikasi. Pesan sobat tidak dapat dilihat oleh orang lain, bahkan server proxy, WhatsApp, atau Meta sekalipun, alias tidak akan bocor kemana-mana.

Pihak WhatsApp menjelaskan salah satu alasan dibukanya akses pengguna tersambung ke server proxy karena penutupan akses aplikasi Meta Platforms, seperti WhatsApp dan Instagram di Iran. Hal itu terjadi pascaaksi protes atas kematian Mahsa Amini, perempuan berusia 22 tahun yang sebelumnya ditangkap oleh polisi moral di Teheran karena 'berpakaian tidak pantas'.

Opsi ini sudah tersedia di menu pengaturan aplikasi WhatsApp versi terbaru.

Baca Juga:

Ini Cara Mudah Mendownload Video di TikTok Tanpa Watermark

Link Download Minecraft versi Pocket Edition (PE) Terbaru dan Resmi

Kopi yang Enak Merk Apa? Ini Jawabannya

Ini Perbedaan Proses Pasca Panen Kopi antara Metode Honey dan Natural

Download GB WhatsApp Terbaru Januari 2023, Ada Fitur Anti Lupa Balas Pesan

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image