Siapa yang Pertama Kali Menemukan Kopi? Ini Orangnya

Sejarah  

Kopi sudah menjadi minuman favorit banyak orang di dunia sejak berabad-abad lampau hingga saat ini. Lalu, Siapa yang pertama kali menemukan kopi? tidak ada sumber resmi kecuali sebuah cerita mengenai "Khaldi and the Dancing Goats".

Biji kopi (ilustrasi)
Biji kopi (ilustrasi)

Memang tidak ada sumber resmi yang mencatat mengenai siapa yang pertama kali menemukan kopi? kapan dan dimana?. Namun, seluruh sumber menyebut jika kopi pertama kali ditemukan pada sekitar abad ke-9 oleh seorang pengembala kambing bernama Khaldi.

Legenda itu bercerita, kala itu seorang pria asal Abbsiyah, Ethiopia, tengah mengembalakan kambingnya di sekitar pohon yang mempunyai buah ceri berwarna merah. Khaldi, nama pengembala itu kemudian merasa heran dengan tingkah laku kambingnya yang energi setiap kali memakan daun dan buah dari pohon tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penasaran, Khaldi pun mencoba memakan buah ceri itu. Rasa buahnya asam, manis, namun ada sensai yang belum pernah ia rasakan. Khaldi kemudian memperkenalkan buah 'ajaib' yang ditemukannya ke warga di tempat tinggalnya.

Cerita kemudian berlanjut, dimana dalam sebuah literasi disebutkan pada abad ke-10, buah kopi sudah dimasukan sebagai kelompok makanan oleh beberapa suku di Ethiopia. Hingga saat ini, kisah Kaldi dan kambing-kambingnya dipercaya sebagai cerita awal penemuan dan bagaimana manusia mengenal kopi.

Baca juga:

Link Download GB WhatsApp Pro V17.20 Gratis, Anti Banned dan Kadaluarsa

Cara Membuat Kopi Hitam Nikmat di Rumah Resep ala Starbucks

Negara Mana yang Menemukan Teh? Ini Jawabannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image