Siapa yang Pertama Kali Menemukan Kopi? Ini Orangnya

Sejarah  

Biji kopi (ilustrasi)
Biji kopi (ilustrasi)

Pada masa itu, kopi belum dinikmati seperti saat ini. Kopi baru dinikmati sebagai minuman beberapa abad kemudian, atau sekitar abad ke-10. Orang-orang di Kota Al Mocha, Yaman, diketahui telah mengolah kopi dengan cara diseduh kemudian diminum airnya. Saat itu, kopi menjadi teman khususnya para ulama untuk beribadah malam.

Selain dikenal dengan kopinya yang berkualitas, Al Mocha dahulu kala juga dikenal sebagai tempat penjualan biji kopi pertama di dunia. Berbagai bangsa datang ke sana untuk membeli kopi. Popularitas kopi asal Mocha kemudian bisa disaingi dan bahkan dikalahkan oleh kopi-kopi asal Jawa.

Apakah sobat mlipir tahu jika setiap tanggal 1 Oktober dirayakan oleh masyarakat dunia sebagai Hari Kopi Internasional?. Satu hal yang perlu dicatat bahwa peringatan pada tanggal tersebut bukan merupakan hari pertama manusia berkenalan dengan kopi. Sebab, seperti disebut di atas, bahwa tak ada catatan resmi kapan manusia pertama kali menemukan kopi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Kopi Internasional hanya berdasarkan kesepakatan dari negara-negara anggota International Coffee Organization (ICO). Dalam laman di situs resmi ICO, disebutkan bahwa momen Hari Kopi Sedunia adalah sebuah kesempatan di mana para pecinta kopi berbagi kegemarannya atas minuman ini sekaligus mendukung jutaan petani yang hidupnya bergantung pada kopi.

Baca juga:

Cari Lagu untuk Menemani Ngopi Pagi Hari, Download di MP3 Juice Gratis

Download GB WhatsApp 2023 Gratis, ini Fitur Terbarunya

Berapa Kadar Kafein pada Biji Kopi Arabica?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image