Cara Membuat Kopi Hitam Nikmat di Rumah Resep ala Starbucks

Ngopi  

Minum kopi sudah menjadi rutinitas yang tidak terpisahkan bagi sebagian besar masyarakat. Untuk bisa merasakan secangkir kopi nikmat, kita juga sudah tidak perlu repot-repot ke kedai kopi. Asal tahu cara membuatnya, kita bisa kapanpun menikmati secangkir kopi di rumah.

Specialist Coffee Culture and Partner Engagement PT Sari Coffee, Natasha Emricca Putri.
Specialist Coffee Culture and Partner Engagement PT Sari Coffee, Natasha Emricca Putri.

Specialist Coffee Culture and Partner Engagement PT Sari Coffee, Natasha Emricca Putri, mengatakan pada dasarnya ada empat faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat kopi agar hasilnya nikmat. Empat faktor ini bisa digunakan untuk menyeduh kopi dengan berbagai macam cara, baik itu pour over atau manual brew hingga kopi tubruk.

Natasha mengatakan, empat dasar dalam membuat kopi ini biasa digunakan oleh Starbucks. Dan, ini juga bisa digunakan oleh masyarakat umum dalam menyeduh kopi. "Pertama, kita harus memperhatikan proposi atau perbandingan air dan kopi," ucapnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Natasha mengatakan, terkadang orang mendapatkan hasil seduhan kopinya terlalu encer atau pahit karena tidak memperhatikan perbandingan antara air dan kopi. Untuk mendapatkan secangkir kopi yang ideal, Starbucks merekomendasikan ratio 1 banding 10. Artinya 1 gram kopi berbanding 10 ml air.

"Misalkan kita gunakan 15 gram kopi, maka air yang dibutuhkan untuk menyeduh adalah sebanyal 150 ml. Atau kalau menggunakan 30 gram kopi maka airnya 540 ml," jelasnya.

Baca Juga:

Negara Mana yang Menemukan Teh? Ini Jawabannya

Sudah Gak Sabar Mau Liburan Lagi? Ini Daftar Cuti Bersama Tahun 2023

Cari Lagu untuk Menemani Ngopi Pagi Hari, Download di MP3 Juice Gratis

Faktor berikutnya adalah air. Untuk mendapatkan hasil seduhan yang nikmat, maka gunakan air yang jernih, tidak berasa dan tidak berbau. Jadi sobat mlipir harus pastikan dulu jika menyeduh dengan air tanah di rumah apakah air tersebut bagus untuk menyeduh kopi. Untuk amannya, sobat mlipir bisa menggunakan air mineral dan sejenisnya.

Kemudian, perhatikan juga faktor ukuran gilingan kopi. Hal ini akan menentukan apakah hasil seduhan sobat mlipir akan pekat dan pahit atau sebaliknya encer. Jika sobat mlipir menyeduh dengan menggunakan teknik pour over atau menggunakan alat bantu dripper maka pilih gilingan kopi medium. Tetapi jika di rumah tidak ada dripper dan ingin menyeduh kopi dengan cara tubruk atau menggunakan coffee press, gunakan gilingan kopi yang kasar.

Terakhir, pastikan juga kesegaran kopi yang digunakan. Jika sobat mlipir membeli kopi yang sudah digiling, maka usahakan gunakan tidak lebih dari tujuh hari setelah kemasan dibuka. Sementara jika sobat membeli dalam bentuk biji kopi utuh, pastikan kopi diseduh tidak lebih dari satu bulan dari tanggal roasting. Kesegaran kopi akan berpengaruh pada aroma yang dihasilkan saat disebut, serta karakter rasa pada kopi yang kita minum.

Semakin lama dan tidak segar, maka aroma tidak akan kuat dan rasa pun lebih flat. Oh iya, satu hal lagi yang juga perlu diperhatikan adalah suhu air saat menyeduh. Jika sobat membeli biji kopi arabica dengan profil roasting gelap, jangan gunakan suhu air yang terlalu tinggi karena hasil seduhan akan over ekstrasi dan menimbulkan rasa pahit yang dominan. Sebaliknya, jika profil roasting lebih light, suhu air jangan terlalu rendah karena akan menimbulkan rasa asam yang terlalu berlebihan.

Baca Juga

Download GB WhatsApp 2023 Gratis, ini Fitur Terbarunya

Berapa Kadar Kafein pada Biji Kopi Arabica?

Sayur sayur Apa yang Bisa Nelpon, Tebak-tebakan 'Receh' yang Jadi Viral

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image