Penikmat Kopi Wajib Tahu Apa Perbedaan V60 dan Vietnam Drip

Ngopi  

Menyeduh kopi dengan metode V60 dan Vietnam Drip, saat ini menjadi yang paling populer bagi peminum dan penikmat kopi. Nah, bagi sobat mlipir yang baru ini menjadi seorang penikmat kopi, tidak ada salahnya mengetahui apa perbedaan V60 dan vietnam drip.

Menyeduh kopi dengan V60.
Menyeduh kopi dengan V60.

Perbedaan V60 dan vietnam drip terletak pada alat bantu penetes atau dripper. Perbedaan dripper ini yang membuat hasil akhir seduhan atau kopi yang akan kita nikmati berbeda secara karakter rasa. Perbedaan lain V60 dan vietnam drip terletak pada cara menuang atau pouring air ke atas serbuk kopi yang digunakan. Selanjutnya, perbedaan V60 dan vietnam drip terletak pada jenis dan level roasting (penyangraian) biji kopi yang digunakan.

Nama V60 mengacu pada bentuk dripper yang runcing ke bawah seperti huruf V, dengan suduk kemiringan 60 derajat pada bagian dalamnya. Bentuk ini bertujuan untuk bisa menahan kertas filter yang digunakan. Dripper ini mempunyai lubang besar pada bagian bawah untuk mengeluarkan cairan kopi yang terektraksi. Dripper ini juga mempunyai tulang rusuk berbentuk ulir spiral yang berguna untuk melepas udara saat proses penyeduhan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jika menyeduh dengan dripper ini, kita bisa mendapatkan kopi dengan karakter rasa seperti buah-buahan, punya tingkat keasaman yang jelas, manis dan cairan kopi tidak pekat atau seperti teh. Dripper V60 cocok untuk menyeduh kopi single origin atau yang berasal dari satu daerah saja alias tidak dicampur, contohnya seperti kopi Gayo, Toraja dan lainnya. Biji kopi yang digunakan juga sebaiknya dengan profil roasting (tingkat kematangan sangrai) light hingga medium.

Untuk menyeduh V60 ada beberapa teknik pouring atau penuangan air. Hal ini yang bisa mempengaruhi hasil akhir seduhan apakah kopi yang diseduh ingin menonjolkan rasa manis, asam atau body tebal.

Sedangkan untuk dripper Vietnam Drip, bentukya seperti cangkir namun dengan banyak lubang kecil dibawahnya. Lubang ini yang akan mengeluarkan cairan kopi, sementara bubuk kopi akan tertahan di dalam dripper. Dripper Vietnam Drip terbuat dari logam dan terdiri dari tiga bagian utama, penampung kopi, penekan dan perata kopi serta tutup bagian atas.

Menyeduh kopi dengan menggunakan Vietnam Drip boleh dikatakan lebih simple dibanding V60. Selain tidak perlu kertas filter, kita cukup menuangkan air panas di atas serbuk kopi yang berada di dalam dripper. Air panas akan tertampung dalam dripper dan menetes perlahan hingga menghasilkan secangkir kopi hitam pekat yang siap dinikmati.

Untuk menyeduh kopi dengan metode Vietnam Drip biasanya menggunakan biji kopi robusta. Hal ini karena memang Vietnam terkenal sebagai salah satu negara pemasok kopi robusta terbesar di dunia. Namun, kita juga bisa menggunakan biji kopi blend alias campuran antara robusta dan arabica. Nah, umumnya vietnam drip disajikan dengan campuran kental manis. Sehingga hasil seduhan akhir akan nampak seperti kopi susu. Vietnam drip bisa disajikan dalam kondisi panas atau dingin sesuai selera.

Nah itu sekilas mengenai apa perbedaan V60 dan vietnam drip. Sobat mlipir bisa mencoba menyeduh kopi dengan V60 dan vietnam drip di rumah. Jangan tanya mana yang lebih enak ya, karena itu kembali ke selera masing-masing. Selamat ngopi sobat.

Baca Juga:

Menyeduh Metode V60 Pakai Kopi Apa? Simak Jawabannya Disini

Kopi yang Enak Merk Apa? Ini Jawabannya

Ini Perbedaan Proses Pasca Panen Kopi antara Metode Honey dan Natural

Ciri-ciri Kopi Robusta Seperti Apa? Ini Jawabannya

Siapa yang Pertama Kali Menemukan Kopi? Ini Orangnya

Apa itu WhatsApp Proxy Server yang Tengah Jadi Trending

Link Download GB WhatsApp Update Januari 2023, Ini Cara Instalnya!

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image