9 Manfaat Rutin Minum Kopi, dari Bisa Jaga Hati Sampai Perpanjang Umur

Ngopi  

3. Menjaga kesehatan otak

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif tertentu, termasuk penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson. Berdasarkan satu review dari 13 penelitian, orang yang secara teratur mengonsumsi kafein memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Parkinson. Terlebih lagi, konsumsi kafein juga memperlambat perkembangan penyakit Parkinson dari waktu ke waktu.

Tinjauan lain dari 11 studi observasional di lebih dari 29.000 orang juga menemukan bahwa semakin banyak kopi yang dikonsumsi orang, semakin rendah risiko penyakit Alzheimer. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah sedang dapat dikaitkan dengan risiko demensia dan penurunan kognitif yang lebih rendah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kesimpulan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu melindungi dari penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan penurunan kognitif.

4. Membantu membakar lemak dalam tubuh

Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk manajemen berat badan. Misalnya, satu ulasan dari 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria.

Dalam penelitian lain, peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada wanita. Selain itu, satu penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari 17 persen lebih mungkin untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan manajemen berat badan. Kopi dapat membantu mendukung manajemen berat badan dan dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

5. Dipercaya bisa menurunkan risiko depresi

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah. Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8 persen lebih rendah.

Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat bunuh diri.

Ringkasannya, beberapa penelitian telah menemukan bahwa kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah dan bahkan dapat dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

Baca Juga:

Ini Lima Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari yang Wajib Kamu Tahu

YTMP3, Download Lagu dari Youtube Jadi MP3 Langsung di Ponsel

Download GB WhatsApp (WA GB) Pro Mod Apk Terbaru Februari 2023

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image