9 Manfaat Rutin Minum Kopi, dari Bisa Jaga Hati Sampai Perpanjang Umur

Ngopi  

6. Bisa melindungi dan menjaga kesehatan hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit. Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat jaringan parut hati dan kanker hati yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati.

Penelitian lain menunjukkan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15 persen lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71 persen lebih rendah.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Studi terbaru lainnya menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan kekakuan hati, yang merupakan ukuran yang digunakan profesional kesehatan untuk menilai fibrosis, pembentukan jaringan parut di hati. Jadi bisa disimpulkan, konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis, bersamaan dengan kondisi lain, seperti jaringan parut hati dan kanker hati.

7. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Faktanya, satu ulasan menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung sebesar 15 persen.

Tinjauan lain dari 21 penelitian menunjukkan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko stroke 21 persen lebih rendah. Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 21.000 orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan.

Namun, perlu diingat bahwa kafein dapat memengaruhi tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, orang dengan tekanan darah yang tidak terkelola mungkin perlu membatasi atau memoderasi asupan kafeinnya. Jadi dapat disimpulkan berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke dan gagal jantung.

8. Membantu memperpanjang umur

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu memperpanjang umur, berkat banyaknya potensi manfaat kesehatannya. Misalnya, satu ulasan dari 40 penelitian menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alkohol.

Demikian pula, penelitian lain pada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi berkafein dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun rutin melakukannya. Selain itu, minum setidaknya satu cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat kanker.

Jadi kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor lain, seperti usia, status berat badan, atau konsumsi alkohol. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan.

9. Membantu atlet menjaga performanya

Kopi sering digunakan sebagai alat bantu ergogenik oleh para atlet yang ingin meningkatkan kinerja dan meningkatkan tingkat energi.

Bantuan ergogenik juga disebut penambah kinerja. Kopi dapat meningkatkan performa fisik dan daya tahan tubuh jika dikonsumsi sebelum berolahraga. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang beragam.

Nah itu sembilan manfaat rutin minum kopi, tapi ingat ya sobat efek kafein pada setiap orang berbeda-beda. Seperti ada orang yang memang tidak kuat minum kopi, dan disarankan tidak minum kopi seperti pada ibu hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, serta orang dengan kondisi kesehatan tertentu.

Dan ingat, kopi bisa mendatangkan manfaat positif jika dikonsumsi dengan benar. Tapi jika terlalu banyak minum kopi maka bisa menimbulkan efek negatif juga loh. Selamat ngopi sobat.

Sumber:

https://www.healthline.com/nutrition/top-evidence-based-health-benefits-of-coffee#The-bottom-line

Baca Juga:

Kode Redeem FF Free Fire 11 Februari 2023, Klaim Hadiah Spesial Weekend

Vidmate, Download MP3, MP4 Hingga Film dengan Mudah dan Gratis

Twitter Blue Resmi Hadir di Indonesia, Ini Fitur-fitur Unggulannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image