Tips Agar Bisa Cepat Tidur Usai Minum Kopi Malam Hari

Ngopi  

Kopi bisa memberikan banyak manfaat positif bagi tubuh kita, asalkan diminum pada waktu yang tepat. Tetapi jika dikonsumsi di waktu yang tidak tepat, justru bisa menimbulkan dampak negatif. Salah satunya sulit untuk tidur karena minum kopi di sekitar waktu beristirahat malam hari. Bagaimana cara agar bisa cepat tidur setelah minum kopi pada malam hari? Berikut tipsnya.

Seperti diketahui kopi menjadi bagian yang sulit dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Terkadang, jika kita berkumpul bersama teman, kopi menjadi sarana perekat yang wajib ada. Nah, bagaimana jika saat kita nongkrong pada malam hari dan minum kopi?. Tentu bagi sebagian orang, efek kafein bisa menganggu dan membuat sulit untuk tidur.

Sebab, kafein yang masuk ke dalam sistem tubuh, akan menghalangi zat adenosin memasuki otak kita. Hal ini menyebabkan kita merasa terstimulasi dan terjaga. Berdasarkan penelitian, umumnya butuh waktu sekitar 5 jam untuk menghilangkan setengah dari kafein yang terkandung dalam kopi yang kita minum. Nah, tentu jika kita minum kopi terlalu malam bakal menganggu waktu tidur. Berikut tips agar bisa cepat tidur usai minum kopi malam hari:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

1. Matikan perangkat elektronik

Jika ingin cepat tidur setelah minum kopi malam hari, sebaiknya matikan ponsel. Sebab, kafein adalah stimulan untuk otak, begitu juga dengungan atau notifikasi dari aplikasi chatting, media sosial dan bunyi lainnya dari ponsel. Mereka mencegah otak memasuki keadaan rileks, yang merupakan kunci saat mencoba untuk tertidur di malam hari.

Selain itu, cahaya biru yang berasal dari perangkat elektronik biasa seperti ponsel, laptop, atau televisi dapat mempersulit sobat untuk tertidur. Cahaya dapat menghentikan produksi melatonin tubuh, hormon yang bertanggung jawab atas siklus tidur-bangun sobat. Itu juga dapat mematikan jam alarm internal (alias ritme sirkadian), yang sangat bergantung pada cahaya dan kegelapan, membuat tubuh sulit mengenali kapan harus mulai mereda untuk tidur. Jadi pastikan untuk mematikan semua perangkat elektronik dan jauhkan ponsel dari meja samping tempat tidur.

2. Biarkan tubuh rileks

Posisikan tubuh dalam kondisi rileks dan tenang. Sobat bisa melakukan yoga ringan untuk merilekskan tubuh dan pikiran karena mendorong untuk melatih kesadaran dan meregangkan otot.

3. Jalan-jalan kaki singkat

Harvard Medical School mengklaim bahwa olahraga ringan adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh merasa lelah. Salah satu yang bisa dilakukan adalah jalan-jalan singkat di sekitar rumah, asalkan waktu belum terlalu larut malam ya sobat.

4. Baca Buku

Membaca buku adalah cara yang ideal untuk merangsang pikiran, mengurangi stres dan menyebabkan mata lelah. Peneliti dari University of Sussex menemukan bahwa membaca buku hanya 6 menit setiap malam dapat mengurangi stres hingga 68 persen, jadi hal ini patut dicoba ketika mencoba untuk tertidur di malam hari. Ini juga dapat menyebabkan mata mengantuk dan terasa berat karena gerakan konstan dari kiri ke kanan saat kita membaca kata-kata di halaman.

Baca Juga:

Apa Fitur Message History yang Ada di GB WhatsApp Apk 2023?

Download GB WhatsApp Februari 2023, Versi Resmi Terbaru untuk Android

MusicallyDown, Download MP3 dan MP4 dari TikTok Sepuasnya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image