Ini Perbedaan Proses Pasca Panen Kopi antara Metode Honey dan Natural

Ngopi  

Proses pasca panen kopi dengan metode honey
Proses pasca panen kopi dengan metode honey

Sedangkan untuk proses pasca panen dengan metode honey sangat berbeda dengan proses natural. Sobat mlipir juga harus tahu, dalam proses pasca panen honey tidak ada sedikitpun mengunakan madu ya. Proses pasca panen honey atau juga dikenal dengan pulped natural dimulai dari buah kopi yang sudah dipetik kemudian dimasukan ke dalam mesin pulped atau pengupas kulit.

Namun, berbeda dengan proses washed, buah kopi yang diproses dengan metode honey akan disisakan bagian lendirnya (mucilage) yang ada di bawah kulit kopi. Biji kopi yang masih diselimuti mucilage kemudian dijemur. Karena dijemur, lapisan mucilage kemudian mengering dan lengket mirip tektur madu. Dari sinilah nama proses honey berasal. Setelah biji kopi dengan lapisan mucilage kering sempurna, baru dikupas dan jadilah green bean kopi dengan proses honey.

Untuk diketahui, lapisan mucilage mengandung kadar gula dan keasaman yang tinggi. Karena itulah biji kopi dengan proses pasca panen honey punya karakter rasa manis dominan dan tingkat keasaman yang seimbang. Sebab, biji kopi menyerap kadar gula dan keasaman dalam lapisan mucilage saat proses penjemuran.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ada tiga jenis proses pasca panen honey, yakni black honey, red honey dan yellow honey. Yang membedakan ketiganya adalah ketebalan lapisan mucilage yang menyelubungi biji kopi sebelum dijemur. Semakin tebal maka disebut dengan black honey, sedangkan yang paling tipis disebut yellow honey. Selain menentukan karakter rasa, perbedaan antara black honey, red honey dan yellow honey juga terletak pada lamanya waktu penjemuran. Untuk yellow honey proses penjemuran berkisar antara 7-8 hari, red honey proses penjemuran kurang lebih dua minggu, sedangkan black honey proses penjemuran bisa mencapai kurang lebih 30 hari.

Baca Juga:

Yalla Shoot, Situs Streaming Bola Gratis tapi Ilegal yang Banyak Dicari Orang

Download GB WhatsApp Gratis, Bisa Filter Pesan yang Masuk

Download Alight Motion Pro Mod APK, Editing Video Tanpa Watermark

Download GB WhatsApp 2023 Gratis, ini Fitur Terbarunya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image