Sensasi Minum Kopi Durian, Berani Coba?

Cross Culture  

Indonesia bukan hanya punya kekayaan khazanah kopi, tetapi masyarakat Indonesia juga punya cara beragam dalam menikmati kopi. Salah satunya adalah kopi durian.

Buah Durian
Buah Durian

Mungkin bagi sebagian orang akan mengerutkan dahi ketika mendengar kopi durian. Sebab, selama ini minum kopi bersama memakan durian bukan hal baik untuk kesehatan. Seolah pantang bagi kopi untuk dipersatukan dengan durian. Tetapi, lain cerita dengan masyarakat di Pulau Sumatera dan Bangka. Minum kopi bersama durian, atau dicampur durian adalah hal yang biasa.

Baca Juga:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Geliat Generasi Muda Membawa Kopi Papua Makin Berjaya

Kopi Papua, Kopi Eksotis Favorit Ratu Belanda

Seperti di daerah Lampung, banyak masyarakat menjadikan durian sebagai teman minum kopi, bak kue-kue kecil lainnya. Sementara di Kabupaten Bangka punya cara berbeda. Kopi direbus bersama dengan buah durian lengkap dengan bijinya. Proses penggodokan berlangsung cukup lama hingga kopi dan buah durian tercampur atau sampai biji buah durian empuk. Nah, hasilnya sambil menikmati kopi durian kental kita juga bisa memakan biji buah yang sudah empuk.

Salah satu yang paling terkenal adalah kopi durian Medan. Yups, selama ini kita tahu durian Medan memang punya rasa yang mantap. Tetapi menikmati dengan dicampur kopi tentu menjadi sensasi yang berbeda. Jika di Lampung, durian dijadikan kudapan untuk minum kopi, dan di Bangka, Durian digodok bersama kopi, di Medan, durian dijadikan semacam pengganti gula yang memberikan rasa manis pada kopi.

Baca Juga:

Jogbel Kopi, Kedai Kopi tak Biasa di Muntilan

Brunch Sambil Ngopi-Ngopi di Savio

Biasanya, kopi yang digunakan adalah jenis Robusta. Kopi diseduh seperti biasa, tetapi dibagian atas ditambahkan buah durian yang sudah diblender, hingga menyerupai selai. Rasa kopi robusta yang pekat berpadu dengan manis dan creamynya durian, akan memberikan sensasi tersendiri. Tapi ingat ya, buat yang mau mencoba harus pahami dulu kondisi kesehatan diri sendiri. Buat kamu yang punya riwayat tekanan dara tinggi, asam urat atau kolesterol sebaiknya jangan mencoba kopi ini.

Menurut dr. Bambang Hady dari KlikDokter, kopi dan durian jika dikonsumsi dalam waktu berdekatan atau bersamaan memang bisa berbahaya karena bisa menyebabkan dada berdebar.

"Pada durian yang terlalu matang, terkandung alkohol akibat fermentasi. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan meningkatnya denyut jantung pada beberapa orang yang sensitif," ujar dr. Bambang Hady, seperti dikutip dari KlikDokter.

"Demikian juga dengan kopi. Pada orang yang sensitif, terkadang meningkatkan tensi dan denyut jantung. Jadi, bisa saja makan durian dan minum kopi berakibat fatal," katanya mejelaskan.

Kopi
Kopi

Namun, menurut dr Bambang, ternyata kopi dan durian hanya meningkatkan risiko saja dan bukan 'dalang' dari akibat fatal yang terjadi. Alias tidak bisa disalahkan sebagai penyebab utama. Sebab, bisa jadi karena sudah ada masalah kesehatan tertentu sebelumnya. Jadi, keluhan kesehatan yang diakibatkan dari minum kopi dan makan durian bergantung pada kondisi masing-masing orang.

Baca Juga:

Kopi Kawa, Sensasi antara Ngopi dan Ngeteh

6 Tips Memanfaatkan Kopi Lama dan tak Segar di Rumah

Berita Terkait

Image

Metode-Metode Menyeduh Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Journalist, coffee enthusiast, Liverpool FC die hard fans

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image