6 Tips Memanfaatkan Kopi Lama dan tak Segar di Rumah

Umum  

Kopi mungkin menjadi salah satu benda yang selalu ada di setiap rumah, baik itu dalam bentuk biji kopi utuh alias belum digiling maupun bubuk kopi. Tetapi, terkadang karena cara penyimpanan yang kurang tepat, atau terlalu banyak sehingga tidak habis-habis, kopi tersebut kehilangan kesegarannya.

Nah, kopi yang sudah tidak segar alias fresh, pastinya menjadi kurang sedap jika diseduh dan diminum. Jika kamu punya banyak kopi lama yang sudah tidak segar lagi, jangan buru-buru dibuang ya. Sebab, kopi lama dan tidak segar masih bisa dimanfaatkan loh untuk berbagai hal. Berikut cara memanfaatkan kopi lama yang sudah tidak segar:

1. Menjadi pupuk penyubur tanaman

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kopi yang sudah lama, baik itu dalam bentuk maupun bubuk, bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Sebab, semakin lama kopi disimpan makan kandungan nitrogen akan semakin tinggi. Dari pada dibuat, lebih baik digunakan untuk menjadi pupuk tanaman. Caranya tinggal gali disekitar batang tanaman, dan taburkan kopi tersebut. Oiya, selain kopi yang sudah lama, ampas kopi juga bisa dijadikan pupuk tanaman. Selain menyuburkan tanaman, bubuk dan ampas kopi juga bisa mencegah hama loh, jadi bisa hemat deh membeli pupuk.

2. Pengusir Nyamuk dan kutu pada hewan peliharaan

Kopi yang sudah lama dan rasanya tidak enak jangan dibuang ya, sebab masih bisa dimanfaatkan menjadi obat anti nyamuk. Caranya gampang, tinggal letakan bubuk kopi tersebut di wadah dan taruh di bawah kaki atau sekitar kamu. Nyamuk pun ogah deket-deket kamu.

Jika kamu punya hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, bisa loh bubuk kopi itu dicampur ke dalam shampo hewan saat kamu memandikan. Campuran shampo hewan dan bubuk kopi efektif mengusir kutu pada peliharaan kamu.

3. Penghilang bau tak sedap

Bubuk kopi lama meski sudah tak nikmat diseduh, tetapi masih bisa berguna untuk menghilangkan bau tak sedap di lemari es dan freezer kamu. Selain bubuk kopi, ampas kopi juga bisa digunakan untuk penghilang bau tak sedap. Biar efektif, sebelum digunakan masukan dulu ampas kopi dalam oven dengan suhu 250 derajat sampai kering, tapi jangan sampai gosong ya. Setelah itu baru diletakan dalam lemari es dan freezer, maka bau tak sedap pun minggat.

4. Membersihkan alat masak dan piring

Punya masalah dengan noda membandel di panci dan wajan? nah, coba gunakan bubuk kopi deh. Caranya mudah cukup gosokan bubuk kopi pada panci dan wajan, dan lihat hasilnya.

5. Dijadikan scrub dan perawatan kulit

Kopi yang sudah lama dan tak segar juga bisa digunakan sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Cara membuatnya cukup campurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa, dan baru pakai ke badan. Setelah itu biarkan selama 3 sampai empat menit, lalu bilas. Hasilnya lumayan loh, dan pastinya bisa hemat pengeluaran untuk beli kosmetik dan ke salon.

Bubuk kopi juga bisa digunakan untuk mengurangi selulit, kandungan kafein merangsang sirkulasi. Antioksidan dalam ampas kopi juga meningkatkan produksi kolagen tubuh Anda. Semua ini akan membantu mengencangkan kulit Anda, mengurangi selulit Anda.

6. Melunakan daging

Kamu dapat menggunakan biji kopi lama untuk melunakkan daging. Sebab, kopi punya kandungan enzim-enzim ini menyebabkan daging menjadi lebih empuk. Caranya, rebus kopi dan setelah dingin rendam daging di dalamnya. Selain melunakan daging, kopi juga membuat rasa daging terasa lebih nikmat.

Sumber: https://coffeeaffection.com/

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Journalist, coffee enthusiast, Liverpool FC die hard fans

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image