4 Kanal Youtube Buat Kamu Coffee Lovers untuk Menambah Wawasan

Umum  

Menyeduh kopi sendiri di rumah telah menjadi trend dalam beberapa tahun terakhir. Ada kepuasan tersendiri ketika menikmati hasil seduhan kopi kita sendiri di rumah.

Saat ini, menjadi home brewer juga semakin dimanjakan dengan mudahnya mendapatkan alat-alat seduh, hingga belajar mandiri cara menyeduh dan meracik menu kopi melalui aplikasi Youtube. Berikut kanal-kanal di Youtube yang bisa menambah wawasan kamu tentang kopi dan cara menyeduh kopi.

Kanal Youtube Coffefusion
Kanal Youtube Coffefusion

1. Coffeefusion

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam deskripsinya, Gary Sawyer, si empunya kanal menuliskan Coffeefusion adalah Komunitas Kopi Online yang dibuat pertama kali di Youtube pada Agustus tahun 2011. Gary mengatakan, tujuannya membuat kanal ini karena saat itu dirinya sedang belajar menjadi seorang Barista, sehingga ia ingin mendapat masukan dari barista-barista dan orang-orang lain, atau menjadi tempat belajar bersama.

Gary juga mengatakan, dirinya berharap Coffefusion membantu orang-orang agar bisa membuat kopi yang lebih baik. Saat ini, kanal milik barista dan roaster asal Australia itu sudah mempunya 63.2 K subscribers. Disini, kita bisa belajar mengenai banyak hal mulai dari tentang beans coffee, cara menyeduh hingga membuat latte art.

Baca Juga:

Uniknya Rasa Es Kopi Jepang dan Nasi Goreng Sakura di Himura

Benarkah Kopi Lanang Punya Manfaat 'Ajaib' untuk Kaum Pria?

Kanal Youtube RealChrisBaca
Kanal Youtube RealChrisBaca

2. RealChrisBaca

Chris Baca merupakan seorang mantan finalis Kejuaraan Barista Amerika Serikat tahun 2008. Sambil mengelola kedainya Cat & Cloud Coffee, Chris Baca juga membuat kanal Youtube sejak 9 Agustus 2015. Di kanal RealChrisBaca, kita bisa mendapatkan informasi seputar kopi dan tutorial menyeduh kopi, termasuk manual brew loh.

Di kanal ini, kita juga bisa melihat vlog Chris berjalan-jalan mulai dari cafe ke cafe hingga perkebunan kopi. Kanal RealChrisBaca sudah 75.9K subscribers

Kanal Youtube European Coffe Trip
Kanal Youtube European Coffe Trip

3. European Coffee Trip

Kanal ini dibuat oleh Ales dan Radek, dua orang pencinta kopi asal Ceko. Dalam kanal yang dibuat sejak 2014, Ales dan Radek memposting video-video menarik mulai dari pengetahuan tentang biji kopi, hingga cara menyeduh, tips dan trick dalam menggunakan alat seduh agar bisa menghasilkan kopi yang nikmat.

Bukan itu, saja yang menarik adalah Ales dan Radek juga hobi berkeliling negara-negara Eropa untuk mengunjungi kedai-kedai kopi terbaik. Jadi, kita bisa ikut wisata virtual bersama Ales dan Radek. Kanal ini sudah memposting ratusan video tentang kopi dan punya 209 k subscribers.

Baca Juga:

Kisah Wanita yang Ubah Inggris Jadi Bangsa Peminum Teh

Kopi Lelet, Tradisi Ngopi untuk yang Berjiwa Seni

Kanal Youtube James Hoffman
Kanal Youtube James Hoffman

4. James Hoffmann

Kanal Youtube terkait kopi yang paling terkenal mungkin adalah milik James Hoffmann. Pria kelahiran Inggris ini merupakan Juara Barista Dunia pada tahun 2007. James kemudian membuat kanal Youtube sejak Desember 2014.

James juga merupakan penulis buku The World Atlas Kopi, yang membahas segala macam varietas kopi, metode penanaman, penyangraian dan segala macam tentang kopi. Jadi tak heran, jika kanal Youtube miliknya sangat informatif.

James Hoffmann juga pernah mengunjungi Indonesia loh, di kanal miliknya kita bisa menemukan beragam konten terkait kopi mulai dari yang diperuntukan bagi orang-orang yang baru mulai belajar menyeduh kopi hingga yang ekspert. Kanal Youtube milik James Hoffman telah mempunyai 1.22M subscribers

Ikuti informasi penting seputar Kopi, Teh, Kafe, Traveling, dan Video/Isu Viral. Anda juga bisa berpartisipasi mengisi konten di MLIPIR dengan mengirimkan tulisan, foto, infografis, atau pun video.

Kirim tulisan Anda ke email kami: mlipir37@gmail.com. Jangan lupa follow juga Youtube Mlipir dan Instagram @teman_melipir

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image