Minum Kopi Setelah Vaksin Booster Covid Boleh Gak Sih?

Umum  
Tenaga kesehatan tengah menyiapkan vaksin Covid-19. (foto: Wihdan Hidayat).
Tenaga kesehatan tengah menyiapkan vaksin Covid-19. (foto: Wihdan Hidayat).

Program vaksinasi Covid-19 terus digenjot oleh pemerintah. Belakangan pemerintah juga tengah gencar mendorong masyarakat untuk mendapatkan vaksin booster atau vaksin dosis ketiga ditengah ancaman gelombang ketiga karena varian Omicron. Meski begitu, masih banyak pertanyaan seputar vaksin di masyarakat, salah satunya adalah apakah boleh minum kopi setelah vaksin Covid-19?

Seperti kita ketahui, banyak orang yang sulit untuk tidak ngopi dalam satu hari. Hal ini membuat mereka khawatir terhadap efek samping yang mungkin timbul dari meminum kopi usai mendapatkan vaksin Covid-19. Dikutip dari klikdokter.com pada halaman konsultasi, salah seorang warga bertanya soal apakah boleh meminum kopi usai mendapatkan vaksin Covid-19.

"Kabar baiknya, sejauh ini tidak ada makanan atau minuman tertentu yang benar-benar menjadi pantangan setelah vaksinasi virus corona," jawab dr. Theresia Rina Yunita dari klikdokter.com.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Yang terpenting adalah, orang tersebut mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan lengkap. Mendapatkan vaksinasi, baik itu vaksin corona ataupun vaksin lain, bertujuan untuk melindungi kita atau setidaknya menurunkan risiko terserang penyakit. Jika tidak dikombinasikan juga dengan pola hidup sehat dan bersih, hasilnya tak akan maksimal," jawabnya melanjutkan.

Sementara WHO dalam situsnya menegaskan tidak ada bukti bahwa keamanan atau efektivitas vaksin Covid-19 dipengaruhi oleh apapun yang anda makan dan minum sebelum atau sesudah mendapatkan vaksin. WHO hanya menyarankan sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman beralkohol usai mendapatkan vaksin, sebab minuman itu dapat menambah efek samping ringan hingga sedang yang mungkin dialami setelah vaksinasi, seperti sakit kepala dan kelelahan.

Nah, jadi jelas ya, tidak ada bukti jika minum kopi akan mendatangkan efek samping tertentu usai kita mendapatkan vaksinasi. Tetapi yang perlu diperhatikan mungkin terkait efek zat yang ada dalam kopi dan berapa banyak kita meminum kopi. Jangan terlalu banyak minum kopi membuat kita kesulitan tidur dan beristirahat usai mendapatkan vaksin Covid-19.

Baca juga:

Perang Berebut Monopoli Perdagangan Kopi di Toraja

Menengok Kesederhanaan Bung Hatta di Rumah Kelahirannya

Kopi Maroko dan Kopi Bangka Belitung Bikin Badan Tetap Fit di Musim Hujan

Kopi Turki Vs Kopi Klothok, Mana yang Lebih 'Nendang'?

Pergi Haji ke Tanah Suci Lewat Kebun Kopi

Mengedukasi Lewat Kopi Gratis di Depok

Tahu gak, sebenarnya kopi disebut bisa mengurangi resiko terpapar virus Covid-19 loh. Berdasarkan riset Northwestern University mengungkapkan, mengonsumsi satu cangkir kopi berpeluang 10 persen lebih kecil untuk terinfeksi Corona.

Peneliti dari Nortwestern University seperti dikutipn dari laman Republicworld menjelaskan, meminum kopi berhubungan positif dengan biomarker inflamasi seperti protein C-reaktif, faktor nekrosis tumor I (TNF-I) dan interleukin-6 (IL-6). Hal-hal ini berkaitan dengan tingkat infeksi paparan Covid-19 dalam tubuh.

Mengonsumsi kopi juga bermanfaat untuk memberikan perisai terhadap pneumonia. Penelitian menyebutkan bahwa kopi juga dapat menurunkan risiko pneumonia pada orang tua.

"Jika kopi diminum secara teratur, itu akan memiliki efek imunoprotektif melawan virus mematikan," kata penelitian itu.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image