6 Tips untuk Mengurangi Rasa Pahit pada Kopi yang Sobat Seduh

Ngopi  

Rasa pahit adalah hal yang biasa dan umum ditemukan pada kopi. Meski begitu, terkadang rasa pahit yang terlalu berlebih akan terasa menganggu kita saat minum kopi.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya rasa pahit berlebih pada kopi yang kita seduh. Mulai dari biji kopi yang digunakan, jenis roasting (sangrai) biji kopi hingga cara menyeduh. Sebab, meski terkesan mudah, menyeduh kopi yang nikmat memang terkadang juga 'tricky'.

Berikut Tips untuk Mengurangi Rasa Pahit pada Kopi:

1. Perhatikan durasi waktu menyeduh kopi

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Durasi waktu menyeduh bisa mempengaruhi tingkat rasa pahit pada kopi yang kita buat. Sebab, semakin durasi menyenduh maka bukan tidak mungkin kopi akan over ekstrak, yang bisa menimbulkan rasa pahit dominan. Sebaliknya, terlalu singkat durasi akan menyebabkan kopi under extracting. Jadi jangan sepelekan durasi waktu seduh ya sobat.

2. Selalu jaga kebersihan alat untuk menyeduh kopi

Kebersihan alat yang kita gunakan untuk menyeduh, mulai dari mesin espresso, portafilter hingga dripper dan server ternyata bisa berpengaruh pada hasil akhir kopi yang kita seduh. Alat-alat seduh yang kotor, bisa menyebabkan kopi yang kita seduh menjadi pahit. Sebab, masih ada sisa-sisa kopi yang sebelumnya kita seduh menempel dan mempengaruhi rasa kopi yang baru kita seduh. Jadi jangan malas membersihkan alat-alat seduh ya sobat.

3. Perhatikan temperatur air yang digunakan untuk menyeduh

Minum kopi hangat memang menjadi favorit banyak orang. Namun, sobat harus memperhatikan suhu air yang digunakan untuk menyeduh. Suhu yang terlalu panas akan menyebabkan rasa kopi yang diseduh cenderung menjadi pahit. Meski suhu air yang digunakan juga berhubungan dengan tingkat kehalusan gilingan biji kopi yang kita gunakan, tetapi agar aman sebaiknya jangan menyeduh kopi dengan suhu di atas 93 derajat celcius.

4. Tingkat kehalusan gilingan

Seperti disinggung di atas, banyak faktor yang bisa menyebabkan rasa kopi menjadi pahit. Salah satunya adalah karena ukuran gilingan kopi yang kita gunakan. Biji kopi yang digiling terlalu halus bisa menyebabkan rasa pahit yang dominan saat diseduh. Sebab, kopi akan lebih besar berpotensi mengalami over ekstraksi. Jadi, jika ingin menyeduh dengan metode manual brew cobalah jangan terlalu halus dalam menggiling biji kopi.

5. Cobalah jangan terlalu banyak menggunakan kopi

Ada kesalahpahaman umum dalam menyeduh kopi, dimana jika menggunakan lebih banyak kopi maka akan menguatkan rasa kandungan kafein. Padahal itu salah, dan bahkan bisa menyebabkan rasa kopi yang diseduh akan menjadi pahit. Sederhananya, semakin banyak kopi yang digunakan maka semakin banyak pula air yang digunakan, dan semakin lama pula waktu seduh. Hal itu tentu akan menyebabkan kopi berpotensi mengalami over ekstraksi.

6. Gunakan biji kopi yang berkualitas

Kualitas biji kopi menjadi faktor paling penting dalam menghasilkan citarasa yang nikmat. Biji kopi yang tidak berkualitas, bukan saja tidak akan maksimal menghasilkan rasa juga cenderung berpotensi menyebabkan rasa pahit saat diseduh. Jadi jangan pelit untuk membeli biji kopi yang berkualitas ya sobat, meski biasanya harganya agak mahal tetapi percayalah, itu layak.

Sumber: https://coffeeaffection.com/

Baca Juga:

MusicallyDown, Cara Mudah Download MP4 dari Tiktok

YTMP3 Download Lagu Youtube dengan Cepat Gratis Tanpa Aplikasi

Download Story Instagram dengan iGram.io, Gratis Tanpa Aplikasi

Tiga Cara Menyeduh Kopi Nikmat Tanpa Dripper atau Alat Seduh Kopi

Ini Deretan Kopi Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia loh

Apakah Kopi akan Kehilangan Kandungan Kafein Jika tidak Segera Diminum?

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image