Istilah-istilah yang Berguna dan Perlu Diketahui untuk Pencinta Kopi. Bagian 2

Umum  

Pernah gak sih kalau sedang berada di kedai kopi, kita mendengar barista atau 'pendekar-pendekar' kopi asyik ngobrol tapi ada kata-kata yang asing dan tidak kita mengerti seputar kopi? Berikut istilah dan sinonim kata dalam dunia kopi yang wajib diketahui untuk pecinta kopi.

Proses penyangraian biji kopi
Proses penyangraian biji kopi

Dark Roast : merupakan tingkat atau level kematangan biji kopi saat disangrai (roasting). Kopi yang disangrai pada level dark roast mempunya warna coklat gelap dan sedikit berminyak pada permukaannya. Biji kopi dark roast punya note rasa yang dominan chocolate, kacang-kacangan dan caramel.

Drip Coffe Maker : Salah satu pembuat kopi paling populer, alat ini meneteskan air panas ke atas bubuk kopi yang diletakan dalam mesin dan turun pada teko penampung di bawah. Alat ini juga punya penghangat agar kopi dalam teko suhunya terjaga.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Direct Trade : Mengacu pada proses jual beli dimana roaster atau pedagang membeli kopi secara langsung ke petani.

Doppio: Bahasa Italia untuk minuman double shot espresso

Dry Process: proses pascapanen kopi yang bisa juga dikenal dengan nama natural proses. Dimana ceri kopi yang baru dipetik dijemur langsung tanpa melewati proses pengupasan kulit, hingga mengering.

Baca juga:

Istilah-istilah yang Berguna dan Perlu Diketahui Para Pencinta Kopi (1)

Sudah Ngopi Masih Ngantuk? Coba Tiga Racikan Kopi Ini

Espresso: Minuman kopi yang dihasilkan dengan menggunakan tekanan tinggi dari air panas atau mendidih dan melalui biji kopi yang telah digiling sangat halus.

Ekstraksi: Mengacu pada proses penyeduhan kopi sehingga menghasilkan rasa dan aroma tertentu

Fair Trade: Mengacu pada praktik pembelian dan penjualan biji kopi yang menjamin harga minimum kopi bagi petani di seluruh dunia.

Filter Coffee: Istilah yang digunakan untuk menggabarkan metode menyeduh kopi dengan menggunakan saringan baik itu kertas, kawat atau kain.

Finish: Istilah yang digunakan untuk menggambarkan rasa yang terkait dengan akhir seteguk kopi setelah ditelan.

First Crack: Tahap dalam proses pemanggangan biji kopi, ditandai dengan suara pecahnya biji kopi atau seperti pembuatan pop corn saat suhu dalam internalnya naik.

Flat White: Menu minuman yang dibuat dari espresso, mirip dengan cappucino namun lebih banyak penggunaan susunya.

French Press: Alat menyeduh kopi berbentuk gelas dengan alat pendorong dan terdapat saringan (biasanya kawat) pada bagian bawahnya, untuk menekan dan menjaga ampas kopi tak ikut tertuang dalam saat sudah jadi.

Frappuccino: Menu minuman yang dibuat dengan mencampur kopi, susu, dan es yang diserut (blender), terkadang ditambahan bahan lain seperti syrup perasa.

French Roast: Level sangrai biji kopi di atas dark roast. Biji kopi yang disangrai pada level french roast lebih gelap dan lebih perminyak permukaannya.

Full City Roast: level sangrai biji kopi yang bisa juga disebut medium dark roast.

Baca juga:

Juria, Kopi Istimewa dari Pohon Sakral di Manggarai Timur

Kisah Kopi Erick Thohir

Referensi: coffeeaffection.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image