Makna Penyerahan Tanah Kampung Akuarium Bagi Jokowi

Video Viral  
Anies Baswedan menyerahkan tanah Kampung Akuarium ke Presiden Jokowi.
Anies Baswedan menyerahkan tanah Kampung Akuarium ke Presiden Jokowi.

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memilih membawa tanah dari Kampung Akuarium, sebuah kampung yang dulu digusur gubernur Ahok, ke simbolisasi penyatuan tanah dan air di IKN Nusantara.

Anies beralasan, ia memilih tanah dari Kampung Akuarium dengan maksud memberikan sebuah pesan dan harapan. “Sebagaimana masyarakat di Kampung Akuarium yang dahulunya mereka tersingkirkan, termarjinalkan, kemudian sekarang mereka digaris depankan dan mendapatkan fasilitas. Ini pesan bahwa republik ini dihadirkan untuk melindungi setiap tumpah darah. Dan dihadirkan untuk menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Anies dalam keterangannya melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca: Nekat... Pendeta Saifudin Minta Menag Hapus 300 Ayat Alquran

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kampung Akuarium memang punya catatan tersendiri buat kepemimpinan Jokowi. Terutama saat Jokowi bersama Ahok memimpin DKI Jakarta.

Saat masih menjadi calon gubernur, Jokowi membuat kontrak politik di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, 15 September 2012. Dalam kontrak politik itu, salah satunya menyebut tentang legalisasi kampung ilegal, permukiman kumuh tidak digusur tapi ditata.

Namun belum usai memimpin Jakarta, Jokowi menjadi Presiden RI dan kepemimpinannya dilanjutkan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Dan pada masa Ahok inilah Kampung Akuarium dibongkar.

Baca: Anak Pendeta Saifudin Minta Bapaknya Bertobat

Langkah Anies yang menenteng Tanah Kampung Akuarium ke IKN Nusantara sempat mendapat kritik dari anggota DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD DKI itu mengatakan pemerintahan provinsi sebelumnya hendak merelokasi permukiman warga di Kampung Akuarium ke rumah susun. Alasannya, kata dia, karena kawasan Kampung Akuarium akan dikembalikan ke fungsi semula yang berada kawasan cagar budaya.

Baca Juga Info tentang Kopi:

Kenapa kandungan Kafein Robusta Lebih Tinggi dari Arabica?

Kedai Kopi jadi Tempatnya Para Pemberontak

3 Kopi Legendaris di Bogor

"Sekarang disulap kembali dijadikan hunian dengan harapan keberpihakan Anies ke rakyat. Seolah-olah kan begitu. Padahal berpihak tapi melanggar hukum," katanya.

Tonton Video Penyerahan Tanah Kampung Akuarium dari Anies ke Jokowi:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image