Mengenal 'Kopi Jessica', Jangan Diminum Kamu Bisa Mati

Cross Culture  
Alat Vietnam Drip    (Foto: Mlipir)
Alat Vietnam Drip (Foto: Mlipir)

JAKARTA — Kasus pembunuhan dengan terpidana Jessica Kumala Wongso pada 2016, pada akhirnya mempopulerkan satu sajian kopi khas Vietnam. Sajian ini dikenal dengan nama kopi Vietnam Drip.

Sebelum ada kasus pembunuhan terhadap Mirna Salihin ini, selain penggemar kopi di perkotaan, tak banyak orang tahu apa itu kopi Vietnam Drip. Barulah setelah ada modus pembunuhan dengan memasukkan racun sianida ke kopi Vietnam Drip, masyarakat menjadi banyak yang tahu tentang sajian kopi khas Vietnam ini. Memang sih baru tahu dan belum tahu bentuk sajiannya seperti apa.

Kopi Vietnam Drip ini sebenarnya kopi hitam yang dicampur dengan susu kental manis. Bedanya dengan kopi susu kental manis di Indonesia, kopi Vietnam Drip ini menggunakan satu alat sendiri. Dengan alat ini maka kopi tidak langsung dituangkan ke kental manis, tetapi menetes secara perlahan ke gelas yang terisi kental manis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kalau di Indonesia, biasanya kan langsung mencampur kental manis, gula, dan kopi dalam satu gelas, baru kemudian dituang air panas. Atau kental manis langsung dituang dengan kopi yang sudah disaring.

Bagaimana awalnya masyarakat di negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia ini membuat alat Vietnam Drip? Berawal dari kepopuleran kopi espresso Italia di Vietnam pada awal tahun 1960-an. Tapi bukan hal gampang bagi masyarakat di Vietnam untuk bisa membuat kopi espresso.

Alat untuk membuat espresso masih sangat mahal. begitu juga masih mahal kalau mencicipi espresso di kedai kopi.

Dari sinilah mereka kemudian mencoba membuat espresso ala mereka sendiri. Apakah alat ini bisa membuat hasilnya berasa kopi espresso?. Sebenarnya jauh berbeda. Tingkat kekentalan dan rasa sangat jauh berbeda.

Baca juga :

Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi dan Teh di Baju atau Cangkir

Kopi Minuman Kesukaan Orang Saleh

Apa Beda Teh dengan Cha? Ini Sejarah Munculnya Nama Teh

Mau Kopi Arang Inggris atau Kopi Arang Jos Jogja?

Alat seduh manual yang mereka bikin ini, konsepnya bagaimana bisa menghasilkan kopi yang cukup kental dan bebas ampas kopi. Jadilah alat yang berbentuk cangkir dan di bagian bawahnya terdapat banyak lubang kecil.

Cara kerja alat ini mirip dengan membuat kopi V60 yang menggunakan metode pourover. Jadi ampas kopi akan tersaring dan kopi akan menetes secara perlahan ke gelas yang sudah diberi susu kental manis.

Penyajian kopi Vietnam Drip bisa disajikan dalam kondisi panas maupun dingin. Nah kalau kopi vietnam drip dalam kasus Jessica ke Mirna, adalah kopi Vietnam Drip yang pakai Es.

Alat kopi Vietnam Drip ini banyak dijual di toko-toko alat kopi. Jadi kita bisa membuat sajian sendiri di rumah. Selamat mencoba di rumah. Tapi please jangan dicampuri zat berbahaya seperti sianida ya karena kamu bisa mati . hehehhe .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image