Mau Kopi Arang Inggris atau Kopi Arang Jos Jogja?

Cross Culture  

JAKARTA — Masyarakat pecinta dan penikmat kopi di Indonesia pasti sudah tahu dengan kopi arang khas Jogja. Satu sajian kopi hitam dicampur dengan arang yang panas membara ini, dikenal dengan nama Kopi Jos (diambil dari bunyi ‘jos’ saat arang membara dimasukan ke dalam secangkir kopi).

Bagi pecintanya, kopi jos dianggap memiliki sensasi sendiri. Baik dari rasa maupun aroma kopi yang dihasilkan. Tidak itu saja, banyak di antara mereka yang menganggap Kopi Jos ini punya manfaat untuk kesehatan.

Charcoal black latte    (sumber: my.black-latte-charcoal.site)
Charcoal black latte (sumber: my.black-latte-charcoal.site)

Bicara soal arang yang dijadikan sebagai salah satu sajian minuman, kalian perlu tahu kalau di Inggris juga pernah nge-hit minuman serupa. Saat itu muncul sajian minuman yang bernama Charcoal Latte.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Tampilan Charcoal Latte ini mirip sekali dengan kopi latte. Cuma Charcoal Latte terlihat lebih hitam pekat, Ini karena Kopi Latte tidak dicampur arang, sementara Charcoal Latte Inggris dicampur dengan arang.

Jadi Charcoal Latte ini adalah campuran espresso, arang, milk foam dan sedikit gula. Tapi arang yang digunakan untuk Charcoal Latte tentu bukan arang untuk memanggang, seperti kopi Jos. Arang yang digunakan adalah arang aktif yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak beracun, dan beda dengan arang yang biasa dipakai untuk memanggang.

Kopi Jos Jogja         (Sumber: republika)
Kopi Jos Jogja (Sumber: republika)

Sama seperti kopi Jos Jogja yang dianggap punya manfaat kesehatan, Charcoal Latte, juga diklaim punya manfaat yang sama. Arang aktif ini mempunyai pori-pori yang bisa mengikat sebagian toksin serta zat kimia, seperti sianida, asam lemak, formalin, metaldehyde, toksin tanaman, obat-obatan, botoks serta merkuri.

Saat itu, Charcoal Latte dianggap sebagai 'the new black coffee' atau versi lain dari kopi hitam.

Baca juga :

Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi dan Teh di Baju atau Cangkir

Kopi Minuman Kesukaan Orang Saleh

Apa Beda Teh dengan Cha? Ini Sejarah Munculnya Nama Teh

Kalau sama Kopi Jos enakan mana?. Kalau ini tentu kembali ke lidah orang yang masing-masing berbeda. Yang jelas, rasa Charcoal Latte ini juga sangat unik. Ada rasa kopi dan sedikit aroma asap dari arang, bercampur dengan sentuhan creamy dari milk foam.

Kalau di rumah ada mesin kopi espresso boleh deh dicoba .

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image