Harapan Sejahtera Erick Thohir Bagi Petani Kopi

Umum  
Petani kopi   (sumber: antara)
Petani kopi (sumber: antara)

JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir berharap Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara dapat menyejahterakan petani kopi Indonesia.

Erick Thohir mengatakan bahwa PMO Kopi Nusantara memperbaiki ekosistem bisnis kopi melalui sinergi dari BUMN, swasta, asosiasi dan juga pemerintah daerah. "Dengan sinergi ini, kami berharap kesejahteraan petani kopi Indonesia juga dapat meningkat dan memberikan nilai tambah bagi komoditas kopi Indonesia," kata Erick seperti diberitakan Antara, Selasa (8/2/2022).

BUMN membangun ekosistem Makmur untuk menyeimbangkan ekonomi, mendukung pertumbuhan bisnis untuk semua, dan menyejahterakan masyarakat. Melalui PMO Kopi Nusantara, ekosistem Makmur mulai berjalan untuk industri kopi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga :

Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi dan Teh di Baju atau Cangkir

Kopi Minuman Kesukaan Orang Saleh

Apa Beda Teh dengan Cha? Ini Sejarah Munculnya Nama Teh

Mau Kopi Arang Inggris atau Kopi Arang Jos Jogja?

"Sudah seyogyanya kita membangun ekosistem kita sendiri, ekosistem Indonesia dalam persaingan di dunia global. Kopi ini punya kesempatan yang luar biasa, kita harus kembali memetakan berapa besar potensi pasar luar negeri dan dalam negeri karena ini faktor keseimbangan saja satu dengan lainnya. Di sinilah kami mencoba untuk membentuk PMO," kata Menteri BUMN.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan siap bekerjasama dengan berbagai pihak dalam membangun ekosistem untuk kopi. Kesiapan BUMN ini karena 96 persen dari produksi kopi terkait dengan petani. Berbeda dengan kelapa sawit di mana sawit itu sudah 60 persen swasta dan 40 persen petani.

Erick Thohir memandang BUMN punya tanggung jawab untuk mencari solusi bagi kesejahteraan petani kopi. Hal ini dikarenakan harga kopi dunia sedang naik. “Tetapi harus dipastikan jangan kenaikan harga kopi ini justru menaikkan yang namanya penjual di tengah, tidak langsung kepada petani,” ungkapnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image