Delapan Alasan Aeropress Layak untuk Dimiliki Pencinta Kopi

Ngopi  

Aeropress menjadi salah satu alat seduh yang sangat populer dikalangan penikmat dan peminum kopi. Nah, jika sobat berminat atau tengah mempertimbangkan untuk memiliki alat seduh ini, simak delapan alasan mengapa Aeropress layak untuk dimiliki.

Alan Adler, pembuat Aeropress. (sumber: aeropress.com).
Alan Adler, pembuat Aeropress. (sumber: aeropress.com).

Aeropress merupakan alat menyeduh kopi yang diciptakan oleh Alan Adler. Pria yang awalnya mempunyai usaha membuat frisbee, sejenis cakram plastik yang bisa diterbangkan dengan cara dilempar, menciptakan Aeropress karena tidak puas dengan hasil seduhan kopi yang terlalu pahit.

Ia pun menciptakan alat berbentuk tabung tertutup dan diberi pendorong untuk agar air bisa dengan cepat mengalir melewati bubuk kopi. Saat ini, Aeropress menjadi salah satu alat seduh paling laris di dunia.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Bukan cuma laris, Aeropress semakin mendapatkan pengakuan di dunia perkopian setelah adanya kejuaraan tingkat dunia yang digelar sejak 2008. Kini World AeroPress Championship (W.A.C) telah diikuti ratusan orang dari seluruh dunia. Di Indonesia sendiri juga telah digelar kejuaraan menyeduh dengan menggunakan AeroPress loh.

Jika sobat tengah mencari alat seduh kopi yang memiliki berbagai keunggulan, maka Aeropress boleh menjadi pilihan. Dengan Aeropress, sobat bisa dengan mudah mendapatkan kopi nikmat secara simple, atau bereksperimen mengikuti resep barista dunia.

Berikut Delapan Alasan Mengapa Aeropress Layak untuk Dimiliki Pencinta Kopi:

1. Tahan Banting

Aeropress terbuat dari plastik yang kekuatannya tidak perlu diragukan. Jadi sobat bisa tenang menggunakan alat seduh ini, karena tidak mudah pecah karena terjatuh. Aeropress bisa digunakan selama bertahun-tahun. Tetapi sobat juga perlu melakukan perawatan ya, agar karet yang ada di bagian plunger tidak mudah rusak atau kendor. Tetapi jika karet sudah tidak bekerja secara maksimal, sobat bisa dengan mudah kok menganti yang baru tanpa harus membeli Aeropress baru.

2. Mudah Digunakan

Aeropress sangat mudah digunakan. Hal ini sejalan dengan keinginan Alan Adler dimana setiap orang bisa menyeduh dan menghasilkan kopi nikmat dalam waktu satu menit. Tidak perlu skill tingkat dewa untuk bisa mendapatkan kopi nikmat dengan Aeropress. Sobat tinggal masukan bubuk kopi ke dalam tabung, tuang air panas dan dorong dengan tabung plunger, sesimple itu untuk membuat kopi nikmat.

3. Mudah Dibawa

Jika sobat hobi travelling atau mencari alat kopi yang mudah dibawa, maka Aeropress adalah pilihan tepat. Alat ini bisa dengan mudah sobat masukan dalam tas atau koper tanpa perlu memakan tempat banyak dan tanpa khawatir rusak karena terhimpit barang-barang lain. Selain itu, sobat juga tidak perlu repot membawa teko leher angsa perlengkapan menyeduh lainnya.

4. Bisa Seduh Kopi dengan Berbagai Variasi

Jika sobat berpikir Aeropress hanya bisa menyeduh dalam satu variasi saja, sobat salah. Aeropress bukan hanya bisa membuat filter kopi saja. Tetapi sobat juga bisa membuat espresso like dengan alat ini. Jadi sobat yang suka menikmati kopi dengan mencampur susu atau krim bisa tersalurkan dengan alat ini.

5. Punya Banyak Aksesoris

Hal menarik lain dari Aeropress, mungkin ini adalah alat seduh yang paling banyak memiliki aksesoris. Uniknya aksesoris itu dibuat oleh pihak ketiga dan kompatible digunakan untuk Aeropress. Seperti jika sobat ingin membuat cold brew atau cold drip, maka tinggal membeli aksesoris dari Puck Puck, berupa tabung untuk menampung air es serta knop pengatur flow air. Begitu juga jika sobat ingin menyeduh kopi seperti espresso tinggal membeli aksesoris dari fellow yang membuat penutup dengan pengatur tekanan.

6. Mudah Dibersihkan

Selain mudah digunakan dan mudah dibawa berpergian, Aeropress juga sangat mudah dibersihkan. Setelah menyeduh kopi, sobat hanya tinggal mendorong ampasnya keluar dari tabung. Jika ingin gunakan kembali tinggal mengganti kertas filter atau jika menggunakan kopi yang sama tidak perlu mengganti kertas filter. Atau jika ingin disimpan cukup bilas karet plunger untuk membersihkan sisa serbuk kopi. Mudah bukan?

7. Desain Timeless

Desain aeropress tidak mengalami perubahan selama bertahun-tahun. Bentuknya tetap sama, hanya terkadang warna tulisan saja dan warna plastik tabung yang berubah, dari gelap menjadi terang dan untuk Aeropress edisi terbaru tabung berwarna bening. Meski sempat mengeluarkan model khusus travelling, atau Aeropress Go, tetapi secara umum desain tidak berubah hanya ukuran saja yang diperkecil.

8. Bisa Ngulik Resep Seduh Sendiri

Meski bisa digunakan dengan simple, namun jangan salah berpikir Aeropress tidak bisa digunakan untuk mengulik resep seduh. Sobat bisa mengulik resep seduh untuk menemukan hasil seduhan maksimal dari biji kopi yang digunakan. Dan Aeropress juga sudah menjadi salah satu alat seduh yang diperlombakan untuk tingkat dunia loh.

Baca Juga:

Tips Mengiling Biji Kopi Anti Berantakan dengan Teknik RDT

Toko Dunia Kopi, 'Surga' untuk Membeli Biji Kopi di Jakarta

Cold Brew Vs Hot Coffee: Ini Perbedaannya

Apakah Kafein Bisa Membantu Proses Belajar?

Harga Kopi Robusta di Dunia Bisa Melonjak Dampak dari El Nino

MusicallyDown, Cara Mudah Download MP4 dan MP3 dari Tiktok

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image