Tips Mengiling Biji Kopi Anti Berantakan dengan Teknik RDT

Ngopi  

Apakah sobat pernah mendengar atau mengetahui teknik RDT alias Ross Droplet Technique? teknik ini bisa membantu sobat saat mengiling biji kopi agar hasilnya tidak berantakan dan tidak banyak serbuk-serbuk kopi yang menempel pada grinder.

Mengiling kopi (ilustrasi)
Mengiling kopi (ilustrasi)

Teknik RDT bisa membantu mengurangi statis pada bubuk kopi dengan menambahkan sedikit air ke biji kopi sebelum digiling. Dengan begitu, sobat bisa mendapatkan hasil penggilingan yang efisien, anti-berantakan dan lebih konsisten dengan setiap cangkir.

RDT dalam kopi merupakan singkatan dari "Ross Droplet Technique". Itu dinamai David Ross, yang datang dengan ide itu pada tahun 2005. Teknik ini kini semakin populer.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Jadi apa sebenarnya RDT itu?. sederhananya, proses ini melibatkan penambahan satu atau dua tetesan air atau sedikit menyemprotkan sedikit air ke biji kopi sebelum sobat menggilingnya. Sobat dapat menggunakan satu sendok teh untuk menambahkan tetesan air. Atau mengunakan jari, dengan mencelupkan ke dalam air, kemudian mengaduk biji kopi sebelum digiling. Intinya adalah memberikan sedikit kelembapan pada biji kopi yang akan digiling.

Dengan membuat biji kopi lembab sebelum digiling, maka tidak akan tercipta listrik statis yang muncul akibat gesekan dari grinder. Muatan statis ini menyebabkan penggiling dan partikel kopi bertindak seperti dua magnet dengan kutub utara saling berhadapan yang mereka tolak.

Menambahkan sedikit air ke seluruh biji kopi Anda sebelum digiling membuat lingkungan di dalam penggiling lebih konduktif, yang memungkinkan muatan statis menghilang.

Apakah teknik RDT Tidak Merusak Grinder atau mesin penggiling?

Banyak orang yang mungkin khawatir jika biji kopi yang lembab atau ditambahkan air sebelum digiling akan merusak atau membuat grinder korosit. Tetapi pengujian oleh beberapa veteran industri terkemuka telah menunjukkan bahwa menggunakan teknik RDT selama bertahun-tahun tidak menyebabkan kerusakan tambahan atau karat pada grinder.

Nah itu uraian singkat mengenai teknik RDT, sobat bisa mencobanya saat mengiling biji kopi sebelum menyeduh. Selamat mencoba.

Sumber: beanground.com

Baca Juga:

Toko Dunia Kopi, 'Surga' untuk Membeli Biji Kopi di Jakarta

MusicallyDown, Cara Mudah Download MP4 dan MP3 dari Tiktok

SSSTikTok, Download Video TikTok Tanpa Watermark dan Gratis Tanpa Batas

X2Download Situs Download dan Konversi Video Youtube Secara Cepat dan Gratis

YTMP3, Download dan Konversi Lagu dari Youtube dengan Cepat dan Gratis

Download Vidmate Versi Lama yang Punya Banyak Keunggulan

Download Story Instagram dengan iGram.io, Gratis Tanpa Aplikasi

Cold Brew Vs Hot Coffee: Ini Perbedaannya

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image