Benarkah Decaf Coffee Cocok Diminum Saat Sahur?

Ngopi  

Banyak pakar yang tidak menganjurkan minum kopi saat sahur. Sebenarnya, boleh saja minum kopi saat sahur, asalkan sobat bisa mengurangi kadar kafein. Salah satu alternatifnya adalah dengan minum Decaf Coffee.

Decaf Coffee (ilustrasi)
Decaf Coffee (ilustrasi)

Sobat mungkin pernah mendengar apa itu Decaf Coffee. Bagi yang belum mengetahui, Decaf Coffee adalah biji atau bubuk kopi yang telah melalui proses tertentu untuk mengurangi kadar kafein di dalamnya. Kadar kafein dalam kopi yang melalui proses decaffeinated bisa berkurang hingga 97 persen.

Decaf Coffee sebenarnya bukan hal baru. Cara pengolahan ini sudah ditemukan sejak tahun 1903. Ludwig Roselius, seorang pedagang kopi asal Jerman, disebut-sebut sebagai orang pertama yang memperkenalkan proses Decaf Coffee dan menjualnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dalam perkembangannya, ada tiga metode untuk memproses kopi decaf. Proses paling tua dikenal dengan proses air. Caranya green bean kopi (biji kopi yang sudah dikupas kulitnya dan siap roasting) terlebih dulu direndam dengan air panas dan kemudian disaring menggunakan filter arang.

Baca Juga:

Link Resmi Download GB WhatsApp Maret 2023, Ada 15 Fitur Menarik

Lima Lokasi Berburu Takjil untuk Buka Puasa di Jakarta

Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta Resmi Dibuka, Ini Link dan Cara Pendaftarannya

Proses ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan kafein. Air sisa rendaman kemudian digunakan berulang kali untuk merendam green bean hingga proses decaf dianggap selesai. Proses ini mulai ditinggalkan karena dianggap menghilangkan karakter rasa dari kopi.

Proses lain adalah dengan menggunakan pelarut kimia yakni ethly acetate. Caranya green bean dikukus dan kemudian dicuci dengan ethly acetate. Kemudian biji kopi dibersihkan dan dikukus lagi untuk menghulangkan kandungan ethly acetate, setelah itu green bean baru dikeringkan dan diroasting.

Cara membuat decaf coffee yang kini paling banyak digunakan adalah dengan bantuan karbondioksida. Dimana green bean direndam dalam wadah tertutup, kemudian diberikan CO2. Cara ini dianggap paling ideal karena tidak mengurangi dan mempengaruhi karakter rasa pada kopi saat diseduh.

Biji kopi yang melalui proses decaf akan hilang kadar kafeinnya, tetapi bukan berarti tanpa kafein yang sobat. Dalam decaf coffee masih ada kandungan kafein hingga 7 mg. Memang, jauh berbeda jika sobat menyeduh dengan kopi biasa yang memiliki kandungan kafein 70-140 per cangkir.

Jadi jangan heran jika sobat minum decaf coffee, bagi pencinta berat kopi bakal merasa kurang 'nampol'. Kesimpulannya apakah Decaf coffee cocok diminum saat sahur? mungkin iya sebagai alternatif untuk mengurangi kadar kafein. Tetapi jika sobat merasa kurang puas, sobat bisa menyeduh kopi biasa dengan cara mengurangi takaran dan memperbesar rasio perbandingan kopi dan air. Selamat mencoba, selamat berpuasa sobat.

Baca Juga:

Musically Down TikTok, Download Video Lucu untuk Temani Puasa

Bolehkan Minum Kopi Saat Sahur? Simak Jawabnya Agar Puasa Aman

Download GB WhatsApp Pro v17.30 Terbaru Maret 2023, Ada Fitur-Fitur Unik

Link Download Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2023 dari Kementerian Agama, Mudah dan Gratis

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image