Lima Lokasi Berburu Takjil untuk Buka Puasa di Jakarta

Umum  

Umat muslim di Indonesia tengah menjalani puasa Ramadhan hari yang pertama pada Kamis (23/3). Jika sobat bingung kemana mencari takjil atau makanan berbuka puasa, simak artikel ini ya.

Warga menunggu saat berbuka puasa (ilustrasi)
Warga menunggu saat berbuka puasa (ilustrasi)

Takjil adalah makanan untuk berbuka puasa. Banyak jenis takjil mulai dari yang sangat ringan hingga cukup berat, dan beberapa jenis takjil biasanya hanya bisa ditemui saat bulan puasa saja.

Berikut Lima Lokasi Berburu Takjil di Jakarta

1. Pasar Benhil

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Pedagang takjil di Pasar Benhil.
Pedagang takjil di Pasar Benhil.

Pasar Benhil alias Bendungan Hilir menjadi lokasi legendaris membeli takjil untuk berbuka puasa. Pasar Benhil terletal di Jalan Bendungan Hilir, Kecamatan Tanah Abang. Pada bulan Ramadhan, sobat bisa menemukan deretan penjual takjil di sepanjang jalan di depan Pasar Benhil. Ada banyak makanan yang bisa dijadikan pilihan, mulai dari gorengan, berbagai macam minum dingin, hingga makanan yang cukup berat seperti sate padang, soto, hingga ayam penyet.

2. Masjid Sunda Kelapa

Pedagang Takjil di Masjid Sunda Kelapa (ilustrasi)
Pedagang Takjil di Masjid Sunda Kelapa (ilustrasi)

Tempat lain yang bisa sobat datangi untuk mencari takjil berbuka puasa adalah di Masjid Sunda Kelapa yang terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa No.16, Menteng, Jakarta Pusat. Disini, sobat bisa menemukan berbagai macam makanan untuk berbuka dari yang ringan hingga sedang. Meski tidak sebanyak di Pasar Benhil, namun enaknya berbuka puasa di sini, sobat tidak perlu repot mencari tempat sholat Magrib dan bisa juga lanjut sholat tarawih.

3. Jalan Panjang

Pedangan Takjil di Jalan Panjang (ilustrasi)
Pedangan Takjil di Jalan Panjang (ilustrasi)

Bagi sobat yang tinggal di wilayah Jakarta Barat, bisa mencari takjil untuk berbuka puasa di Jalan Panjang, Kebon Jeruk. Di sepanjang jalan disana, sobat bisa menemukan berbagai menu berbuka puasa mulai dari beraneka macam kolak, bubur sumsum, sop buah dan minuman menyegarkan lainnya, hingga beraneka ragam gorengan. Harganya pun cukup terjangkau.

4. Pasar Santa

Penjual biji kopi di Pasar Santa
Penjual biji kopi di Pasar Santa

Pasar Santa yang ada di Jakarta Selatan, sebenarnya bukan hanya saat bulan Ramadhan saja dikenal banyak menjual kuliner. Tetapi jika sobat bingung mau kemana berburu takjil, sobat bisa datang ke Pasar Santa. Di sekitar pasar banyak penjual makanan untuk berbuka mulai dari gorengan hingga sate Padang Ajo Ramon yang terkenal. Nah, khusus pencinta kopi sambil mencari takjil bisa juga sambil mencari biji kopi di Pasar Santa, jadi makin lengkap deh hari kamu.

5. Masjid Al Azhar

Masjid Al Azhar (ilustrasi)
Masjid Al Azhar (ilustrasi)

Daerah sekitar Masjid Al Azhar sejal lama juga sudah dikenal sebagai tempat favorit menjadi kuliner, bukan cuma saat bulan ramadhan saja. Disini sobat bisa berbuka puasa dengan makanan yang ringan dan cukup berat mulai dari angkringan hingga Roti Bakar Edi yang legendaris. Selain itu, sobat juga tidak susah mencari tempat sholat Magrib dan Tarawih jika berbuka disini.

Itu tadi lima lokasi berburu takjil di sekitar Jakarta. Tentu masih banyak lagi lokasi yang lain, nah sobat Mlipir yang punya referensi atau lokasi favorit mencari takjil untuk berbuka puasa, boleh dong komen dan berbagi di bawah. Selamat berpuasa sobat.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image