Daftar Negara yang Melarang Penggunaan TikTok, Indonesia Masih Aman

Teknologi  

TikTok dengan cepat menjadi aplikasi media sosial yang populer. Namun, saat ini banyak negara yang melarang penggunaan TikTok dengan alasan bisa mengancam keamanan negara.

Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang khawatir jika TikTok digunakan sebagai alat untuk memata-matai dan mencuri informasi rahasia negara tersebut. Saat ini, bukan cuma Amerika yang melarang dan mendesak ByteDance, pemilik TikTok untuk memutus hubungan dengan induk perusahaan di China.

Ada sederet negara yang mulai menerapkan larangan penggunaan TikTok secara sebagian atau penuh. Negara yang melarang penggunaan TikTok selain Amerika Serikat adalah Taiwan. Negara itu melarang seluruh pengawai pemerintah menggunakan aplikasi TikTok.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Larangan penggunaan TikTok juga dilakukan beberapa negara uni Eropa dan terakhir adalah Inggris yang memutuskan ikut membanned TikTok. Di Indonesia sendiri, TikTok masih menjadi salah satu aplikasi Medsos yang populer, dan digunakan hampir di semua kalangan dan lapisan masyarakat. Negara mana saja yang melarang TikTok berikut ulasannya:

Baca Juga:

Download Video dan Musik TikTok Secara Online dengan MusicallyDown

10 Fitur Utama GB WhatsApp Pro v17.30 Terbaru Maret 2023

Ini Deretan Kopi Termahal di Dunia, Ada dari Indonesia loh

Negara yang Melarang Penggunaan TikTok:

1. Taiwan

Pada 8 Desember 2022, pemerintah Taiwan melarang pegawai pemerintah dan publik memasang dan menggunakan perangkat resmi.

2. Amerika Serikat

Pada 27 Desember 2022, TikTok dilarang digunakan di perangkat resmi anggota DPR AS. Kantor Kepala Pejabat Administrasi mengirimkan email kepada semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan staf mereka yang isinya melarang mereka menginstal dan menggunakan TikTok di perangkat resmi.

3. Komisi Uni Eropa

Komisi Uni Eropa, badan eksekutif dari 27 negara di Uni Eropa pada 23 Februari 2023 melarang sekitar 32.000 karyawannya menggunakan TikTok di perangkat pemerintah serta di perangkat pribadi yang menggunakan aplikasi dan email pemerintah.

4. Kanada

Pada 27 Februari 2023, Kanada melarang TikTok dari semua perangkat pemerintah dan tidak mengesampingkan tindakan lebih lanjut terhadap aplikasi milik China tersebut. Perdana Menteri Justin Trudeau mengatakan warga Kanada kemungkinan akan "merefleksikan" apa arti larangan pemerintah untuk "keamanan data mereka sendiri dan mungkin membuat pilihan."

5. Latvia

Kemeterian Luar Negeri Latvia pada 1 Maret 2023 melarang TikTok. Dalam sebuah posting Twitter, Menteri Luar Negeri Latvia mengatakan bahwa dia telah menghapus TikTok di ponselnya dan mengumumkan bahwa kementerian luar negeri sekarang dilarang menggunakan aplikasi tersebut.

6. Denmark

Kementerian Pertahanan Denmark melarang TikTok pada 6 Maret 2023. Pusat Keamanan Siber Denmark menetapkan bahwa TikTok berisiko menjadi spionase, kementerian pertahanan negara itu melarang penggunaan aplikasi tersebut di perangkat karyawannya.

7. Belgia

Perdana Menteri Belgia Alexander de Croo melarang TikTok di perangkat pemerintah pada 10 Maret 2023. Mengutip peringatan dari layanan keamanan dan pusat keamanan siber negara itu. Dalam sebuah pernyataan, De Croo menyatakan bahwa Belgia tidak bisa naif dan menunjukkan bahwa TikTok wajib bekerja sama dengan dinas intelijen China.

8. Inggris

Setelah awalnya belum memutuskan secara tegas, Inggris pada 16 Maret melarang penggunaan TikTok pada perangkat pemerintah. Menteri Kantor Kabinet Oliver Dowden mengatakan langkah itu "proporsional" berdasarkan "risiko khusus dengan perangkat pemerintah

9. Selandia Baru

Pada 17 Maret 2023, Parlemen Selandia Baru memberi tahu para anggotanya bahwa TikTok akan dilarang di perangkat parlemen pada akhir bulan. Parlemen menyatakan bahwa "risikonya tidak dapat diterima di lingkungan parlemen Selandia Baru saat ini."

Sumber: gizmodo.com

Baca Juga:

YTMP3 Konverter Terbaru Maret 2023, Download Lagu Lebih Cepat

Download Lagu Baru Maret 2023 dengan MP3 Juice, Gratis dan Mudah

SSSTikTok, Download Video TikTok Tanpa Watermark Langsung di HP

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image