Tips Minum Espresso Seperti Orang Italia

Teknologi  

Espresso merupakan jenis minuman olahan kopi yang sudah sangat terkenal di dunia. Espresso yang awalnya tenar di Italia, menawarkan sensasi kopi yang bold. Tapi pernahkan sobat bertanya-tanya bagaimana cara minum espresso yang benar seperti orang-orang Italia?

Espresso
Espresso

Bagi orang Italia minum secangkir espresso dengan benar adalah bagian dari "la dolce vita" atau bagian ternikmat dalam hidup. Nah, agar kita bisa menikmati espresso seperti orang Italia, dan bukan hanya sekedar mendapatkan kopi dengan karakter yang bold, ada beberapa tips yang bisa diikuti.

1. Panaskan cangkir sebelum digunakan untuk menuang espresso

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Espresso dipercaya akan mengeluarkan rasa yang lebih nikmat jika disajikan dalam cangkir yang hangat. Jadi, jika sobat membuat espresso di rumah, cobalah terlebih dulu menghangatkan cangkir yang akan digunakan.

Sementara jika kita membeli espresso di kedai atau coffee shop, biasanya cangkir yang akan digunakan untuk espresso di letakan di atas mesin. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab itu adalah bagian dari menghangatkan cangkir agar siap digunakan.

2. Bilas dulu mulut dengan air atau sparkling water

Nah, biasanya jika kita memesan secangkir espresso di kedai atau coffee shop (yang profesional), kita akan diberikan segelas air putih dingin atau sparkling water. Ingat ya sobat, air itu diberikan bukan untuk diminum setelah kita meneguk espresso yang kita pesan. Sebaliknya, sebelum menyeruput espresso, kita sebaiknya meminum dulu air itu.

Hal ini berfungsi untuk membilas bagian dalam mulut kita, agar lidah kita bisa lebih jelas menangkap karakter rasa dari esperesso yang kita minum.

Baca Juga:

Apa itu Cafe Latte? Menu Kopi Favorit Semua Kalangan

Apa itu Flat White? Menu Kopi 'Saudara' dari Cappuccino dan Latte

Link Download Story Instagram Tanpa Aplikasi dengan StorySaver.net

3. Aduk crema yang ada di atas espresso sebelum diminum

Crema menjadi daya tarik utama bagi banyak orang saat membuat atau memesan espresso. Disebut-sebut crema merupakan indikator bahwa biji kopi yang digunakan dalam kondisi baik dan fresh. Lalu apa sih sebenarnya crema itu? singkatnya, crema adalah endapan minyak nabati dalam kopi yang terlepas saat proses penyeduhan, karena bubuk kopi mengalami kontak dengan air panas suhu tinggi serta adanya tekanan tinggi.

Meski crema dianggap menjadi suatu yang harus ada dari secangkir espresso, tetapi saat kita hendak menyeruput espresso, crema justru harus dihilangkan dengan cara diaduk. Hal itu karena crema bisa menghalangi lidah kita mengenali karakter rasa dan aroma dari espresso yang kita minum. Jadi, ingat ya jangan sayang mengaduk crema espresso.

Terakhir, nikmati setiap tetes espresso yang mengalir masuk ke dalam mulut kita. Espresso yang baik memang punya karakter bold dan terasa pahit di mulut, tetapi bukan pahit yang tidak bisa kita nikmati. Selain itu, espresso yang baik juga tidak melulu soal pahit, namun kita masih bisa mengenali rasa lainnya seperti asam, manis, fruity dan meninggalkan kesan menyenangkan di lidah kita. Selamat ngopi sobat.

Baca Juga:

YTMP3, Download Lagu MP3 dari Youtube Tanpa Aplikasi

Kode Redeem Free Fire Max 23 Februari 2023, Gratis Pets

Link Download Story Instagram Tanpa Aplikasi dengan StorySaver.net

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image