Apa itu Teh Hitam?

Santai  

Meracik teh hitam

Teh hitam bisa digunakan untuk diseduh panas atau membuat es teh. Di Amerika Serikat, sebagian besar teh hitam diminum dengan cara membuat es teh. Beberapa diracik dengan mencampurkan susu atau gula, meski ada juga yang diminum tanpa tambahan apapun.

Teh hitam (ilustrasi)
Teh hitam (ilustrasi)

Teh yang diminum dengan mencampur susu atau gula bisanya adalah masala chai, English breakfast, teh hitam Assam. Teh yang biasanya diminum dengan mencampur perasan lemon atau gula biasanya adalah Earl Grey, Teh Ceylon dan Nilgiri black tea.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Teh hitam cocok diminum pada waktu pagi dan sore. Rasa teh hitam yang pekat juga ideal jika dipasangkan dengan masakan barat, India, Thailand dan Afrika.

Cara Menyeduh Teh Hitam

Teh hitam termasuk jenis yang paling mudah dalam proses penyeduhan. Biasanya, gunakan sekitar satu sendok teh daun untuk satu cangkir. Air yang digunakan bisa mendidih atau hampir mendidih. Kemudian seduh teh dalam jangka waktu 2 sampai 6 menit, tergantung selera anda. Setelah itu, saring daun teh, anda bisa menambahkan susu, gula atau perasan lemon sesuai keinginan.

Selain diseduh dengan air panas, teh hitam juga bisa dibuat cold infuse. Caranya, cukup merendam teh hitam selama 4 sampai 18 jam dan letakan di dalam lemari es. Cara ini cocok digunakan untuk membuat es teh.

Berapa kandungan kafein dalam Teh Hitam?

Secara umum dalam secangkir teh hitam mengandung 50 sampai 90 miligram kafein. Tetapi, ada banyak faktor yang mempengaruhi kadar kafein dalam teh menjadi lebih tinggi atau lebih rendah, termasuk varietas teh, cara diseduh, dan apakah daunnya utuh atau pecah.

teh hitam (ilustrasi)
teh hitam (ilustrasi)

Minuman teh hitam yang mengandung bahan lain seperti susu dan rempah-rempah akan memiliki jumlah kafein yang lebih rendah daripada secangkir teh hitam biasa. Misalnya, masala chai kemungkinan akan memiliki lebih sedikit kafein daripada teh Assam murni karena dicampur dengan susu dan rempah-rempah yang tidak mengandung kafein.

Cara menyimpan teh hitam yang benar?

Teh hitam mudah didapatkan baik itu dalam bentuk daun lepas atau teh celup. Agar bisa mendapatkan rasa yang maksimal, sobat harus tahu cara menyimpan teh hitam yang benar. Teh sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan gelap seperti lemari, laci, atau pantry. Jangan simpan kantong teh atau daun teh dalam stoples kaca karena paparan cahaya akan merusak teh seiring waktu dan mengubah rasanya. Yang terbaik adalah menyimpan teh di kotak pabrikan atau di wadah timah.

Nah itu segala sesuatu tentang teh hitam yang perlu sobat tahu, ikuti terus mlipir untuk mendapatkan artikel-artikel yang menarik ya sobat...selamat ngeteh.

Sumber: thespruceeats

Baca Juga:

Cara Anti Ribet Download Video Youtube Jadi Audio mp3

GB WhatsApp Pro v 15.00 Download Apk, Versi Lawas yang Masih Banyak Dicari

Cara Download Musik di TikTok dengan MusicallyDown, Mudah dan Gratis

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image