Bagaimana Keamanan Data Jika Mengakses WhatsApp Server Proxy? Ini Jawabannya

Umum  

Aplikasi WhatsApp menambahkan fitur terbaru pada awal 2023, dimana pengguna bisa tersambung ke server proxy. Meski menarik, banyak pengguna WhatsApp yang ragu dan bertanya-tanya bagaimana keamanan data pribadi jika mengakses melalui server proxy?.

Fitur akses server proxy diluncurkan oleh Meta sebagai pihak pengembang WhatsApp pada 5 Januari lalu. Melalui fitur ini, pengguna bisa tetap mengakses WhatsApp meski jaringan internet di wilayah mereka diblokir. Artinya, pengguna bisa mengakses WhatsApp melalui jaringan internet yang tidak terblokir yang disediakan oleh pihak luar. Tetapi bagaimana keamanan data pribadi jika mengakses melalui server proxy? Meta menjamin tetap aman.

Dalam blog resminya, Meta mengatakan bahwa pihaknya menjamin jika pengguna mengakses melalui server proxy maka WhatsApp tetap mempertahankan tingkat keamanan yang tinggi. Pesan pribadi sobat tetap akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end. Artinya pesan-pesan yang sobat kirim tetap hanya berada dan bisa diketahui antara anda dan orang yang anda ajak berkomunikasi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Meta menjamin pesan-pesan pengguna tidak bisa dilihat oleh orang lain, penyedia server proxy, bahkan Meta sekalipun sebagai pengembang WhatsApp. Jadi tak perlu khawatir bakal menyebar atau bocor kemana-mana chatting atau data pribadi sobat.

Mungkin sobat masih ada yang bertanya-tanya atau penasaran apa sih server proxy itu?. Server proxy merupakan perangkat atau software yang berfungsi sebagai perantaran pengguna dengan server website tujuan. Jadi, jika sobat mengakses WhatsApp, tidak langsung terhubung ke WA namun melalui server perantara terlebih dahulu.

Ketika server atau perantara di blokir di suatu tempat, bukan berarti layanan mati total, namun hanya penyambungnya saja yang mati di tempat tersebut. Pengguna tinggal mencari server proxy yang berfungsi, kemudian memasukkan alamat server proxy itu di aplikasi. Ada banyak server proxy yang bebas digunakan di seluruh dunia yang dibuat oleh sukarelawan dan organisasi.

Untuk menggunakan fitur ini, pastikan aplikasi WhatsApp yang ada di ponsel sobat telah diupdate alias hanya bisa tersedia di versi terbaru. Mengutip dari blog.whatsApp.com, berikut cara setting proxy WhatsApp.

Ponsel Android:

1. Di tab Chat, ketuk Opsi lainnya > Setelan.

2. Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.

3. Ketuk Gunakan proxy.

4. Ketuk Setel proxy dan masukkan alamat proxy.

5. Ketuk Simpan.

6. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.

Ponsel iPhone:

1. Buka Setelan WhatsApp.

2. Ketuk Penyimpanan dan data > Proxy.

3. Ketuk Gunakan proxy.

4. Masukkan alamat proxy lalu ketuk Simpan untuk menghubungkannya.

5. Tanda centang akan muncul jika koneksi berhasil.

Jika sobat masih tidak dapat mengirim atau menerima pesan WhatsApp menggunakan proxy, proxy tersebut mungkin telah diblokir. Coba lagi menggunakan alamat proxy yang berbeda. Sebagai catatan, saat sobat menggunakan proxy pihak ketiga, alamat IP sobat akan dibagikan dengan penyedia proxy. Dan Proxy pihak ketiga tidak disediakan oleh WhatsApp.

Baca Juga:

Mengapa Kopi Arabika Lebih Mahal? Ini Faktor-faktor Penyebabnya

Setting Proxy WhatsApp di Android dan iPhone, Bisa Chatting Meski Tanpa Internet

Download GB WhatsApp V 9.52, Ubah Tampilan WA Android Menjadi iPhone

YTMP3, Download Lagu dari Youtube dengan Simple dan Cepa

Ini Cara Gunakan WhatsApp 'Tanpa' Koneksi Internet Lewat Server Proxy

GB WhatsApp 2023 Diklaim Lebih Aman, Ini Cara Download Gratis

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image