7 Kopi Asal Indonesia Diperkenalkan dalam Coffee Cupping Session pada World Expo Dubai

Umum  

Mikael Jasin, perwakilan Indonesia dalam ajang World Barista Championship 2021, berkolaborasi dengan Bank Indonesia dalam Coffee Cupping Session pada World Expo 2020 Dubai. Kolaborasi ini bertujuan untuk menjadikan kopi sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan Indonesia di kancah internasional.

Melalui kesempatan ini, Mikael Jasin akan melakukan cupping pada biji kopi dari Semendo, Wanoja, Gayo Ulunowih, Toraja, Bali, Lintong dan NTB untuk diperkenalkan kepada pengunjung. Biji kopi tersebut dipilih karena berasal dari kebun kopi binaan Bank Indonesia. Selain menunjukkan profil cita rasa dari biji kopi pilihan tersebut, Mikael Jasin turut unjuk potensi bahwa kopi Indonesia layak bersaing secara global.

"Kopi dari Indonesia memiliki keunikan dan cita rasa yang beragam. Skill petani dalam mengolah biji kopi juga semakin baik. Pengetahuan petani juga meningkat seiring dengan edukasi kepada mereka mengenai cara-cara memproduksi kopi. Dengan demikian, saya yakin industri kopi Indonesia dapat bersaing secara global," ujar pria yang akrab disapa Miki.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca juga:

Pawang Hujan MotoGP Ternyata Hanya Gimmick Marketing?

Mengintip Tempat Staycation Kucing yang Mewah di Singapura

Kolaborasi Mikael Jasin dengan Bank Indonesia dalam World Expo Dubai bertujuan mendukung tema Pavilion Indonesia "Transforming Future Civilization, through Innovation and Diversity". Rangkaian acara ini diharapkan dapat menarik perhatian dan mempromosikan kopi dari Indonesia sebagai salah satu sumber daya alam yang potensial bagi investor global hingga penikmat kopi.

"Memperkenalkan bisnis kopi UMKM dalam rangkaian World Expo 2020 Dubai bisa menjadi peluang besar untuk kemajuan industri kopi Tanah Air. Saya berharap kesempatan ini dapat membawa kesejahteraan baik bagi petani maupun pelaku industri kopi di Indonesia," ujar Founder So So Good (SSG) Coffee Company itu.

Baca juga:

Kini Menikmati Istana Terbesar Dinasti Joseon Bisa Saat Malam Hari

Pemandangan Berbeda di Jambi Night Market

Tidak hanya fokus dalam memperkenalkan Indonesia sebagai pemasok biji kopi dunia, Miki juga terus memperhatikan bisnis yang berkelanjutan yang didasarkan pada tiga pilar, yakni people, profit dan planet. Untuk memperhatikan kesejahteraan petani, Miki ini juga telah menerapkan sistem pembelian yang transparan hingga sistem down payment yang dapat membantu keberlangsungan modal petani dalam bekerja.

Usaha yang ia lakukan pada industri kopi semata-mata untuk mendukung komitmennya dalam menjadi agen perubahan dalam industri kopi dan orang-orang yang hidupnya bergantung pada kopi.

Baca juga:

Festival Budaya di Berbagai Daerah, dari di Pantai, Kali Hingga di Selokan

Jangan Lupa Datang ke Pesta Lampion, Hari Ini Terakhir

Perjalanan Mikael Jasin dalam industri kopi tidak terbilang baru, hal ini ditunjukkan dengan keikutsertaannya dalam kompetisi kopi dunia sejak 2015. Tahun lalu, ia kembali mengikuti ajang World Barista Championship di Milan, Italia, yang membawanya hingga semifinal dan menempati peringkat ke-7. Kompetisi besar yang diikuti Mikael tidak hanya untuk tujuan pribadi. Mikael berusaha memberikan pengalaman serta pengetahuannya kepada para petani untuk menjadi bagian dari agen perubahan dalam industri kopi Indonesia.

Selain itu, kehadiran Mikael Jasin diharapkan menjadi pendorong bagi pemilik bisnis kopi UMKM di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas, baik biji kopi hingga implementasi proses pengolahan kopi, yang menjadikan Indonesia sebagai pemasok biji kopi terbaik ke seluruh dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Journalist, coffee enthusiast, Liverpool FC die hard fans

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image