Apa Itu Green Coffee Atau Kopi Hijau?

Umum  
Kopi hijau atau green coffee adalah kopi yang belum diproses sangrai. (sumber: facebook)
Kopi hijau atau green coffee adalah kopi yang belum diproses sangrai. (sumber: facebook)

JAKARTA — Salah satu sajian kopi yang disebut sebagai minuman kesehatan adalah green coffee atau kopi hijau. Sajian kopi ini disebut memiliki manfaat, salah satunya untuk menurunkan berat badan.

Sebenarnya apa sih Kopi Hijau?. Kok bisa warnanya hijau?. Bagi pegiat kopi dan orang suka ngulik tentang kopi, tentu kopi warnanya hijau itu bukanlah satu pertanyaan. Tapi banyak juga yang belum tahu apa itu kopi hijau.

Baca Juga:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Apa Beda Kopi Natural, Full Wash, Honey?

Lampung, Bumi Kopi Robusta

Kedai Kopi jadi Tempatnya Para Pemberontak

3 Kopi Legendaris di Bogor

Sebenarnya kopi hijau itu adalah biji kopi yang sudah dilepas dari cangkang dan kulit arinya. Dalam dunia perkopian, ini lebih dikenal dengan penyebutan green beans. Disebut green beans karena memang warnanya hijau.

Kenapa beda dengan kopi yang biasa dikonsumsi sehari-hari?. Kopi yang biasa kita konsumsi sehari-hari adalah kopi yang sudah disangrai (roasting). Proses sangrai inilah yang membuat warna hijau berubah menjadi coklat (medium roasting) atau hitam (dark roasting).

Konsumsi kopi hijau atau green coffee sebenarnya lebih banyak ditekankan untuk tujuan kesehatan. Bukan pada keinginan menikmati cita rasa kopi. Walaupun ada juga yang lebih menikmati cita rasa kopi hijau dibanding kopi yang sudah disangrai.

Dalam kopi terdapat kandungan asam klorogenat. Senyawa ini disebut sebagai zat yang bisa menurunkan berat badan.

Proses sangrai disebut akan mengurangi kandungan asam klorogenat. Sehingga biar maksimal, maka konsumsinya dipilih yang tidak disangrai.

Asam klorogenat berperan dalam menunda penyerapan karbohidrat, memblokir produksi sel lemak baru di tubuh, maupun membakar lemak yang ada ada di tubuh. Hal-hal inilah yang dikaitkan dengan pengurangan berat badan.

Kopi hijau juga disebut bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menurunkan jumlah gula.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image