Sensasi Seduhan Teh Kopi Cascara

Cross Culture  
Sensasi teh dari limbah kopi,  (sumber: republika)
Sensasi teh dari limbah kopi, (sumber: republika)

JAKARTA — Kopi merupakan jenis tanaman yang bisa dikatakan semua bagiannya, mulai dari pohon hingga bijinya bisa dimanfaatkan. Khusus cherry (kopi yang baru dipetik dari kebun), selain menghasilkan biji kopi, kulit kopinya pun juga bisa dijadikan sebagai minuman seperti teh.

Minuman dari kulit kopi ini dikenal dengan nama cascara. Teh cascara ini tidak hanya dikenal dan dikonsumsi para petani kopi di Indonesia saja. Tapi cukup banyak masyarakat umum di berbagai penjuru dunia tahu tentang cascara. Walaupun popularitasnya tidak seperti kopi ataupun teh.

Baca Juga:

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Americano, Menu Kopi yang Lahir dari Perang Dunia ke-2

Kopi Hawai, Kopi dari Tanah Amerika Serikat

Nama cascara sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang berarti kulit. Meski namanya berasal dari Spanyol, bukan berarti orang Spanyol yang pertama mengolah cascara. Mengingat ini adalah bagian dari biji kopi, tentu saja sejarah minuman cascara berbanding lurus dengan sejarah minuman kopi.

Berawal dari persoalan pemanfaatan limbah kopi. Kulit biji kopi awalnya hanya dibuang atau dijadikan sebagai makanan ternak. Tapi kemudian ada inisiatif untuk memanfaatkannya menjadi bahan untuk teh. Kulit kopi yang dikupas dari biji kopi, kemudian dijemur hingga kering. Lalu diseduh dengan air. Ternyata teh kopi ini menghasilkan minuman yang enak juga.

Tonton:

Video Tentara Ukraina Hancurkan Tank Rusia

Video Tentara Rusia Ditangkap, Tangannya Diikat ke Belakang

Seperti juga kopi, cita rasa cascara juga terpengaruh oleh proses pembuatannya. Kita tahu, dalam proses pengelupasan kopi dari kulit ada sejumlah metode. Mulai dari natural proses maupun wash proses. Tentu kulit yang terkelupas dari metode yang berbeda ini, akan menghasilkan cita rasa teh cascara yang berbeda pula.

Kulit kopi yang sudah dijemur diolah menjadi minuman cascara.
Kulit kopi yang sudah dijemur diolah menjadi minuman cascara.

Bagaimana cara menikmati teh cascara?

Sekalipun berasal dari cherry kopi, bukan karakter dan rasa cascara mirip dengan secangkir kopi. Jelas rasanya sangat berbeda, Kadar kafeinnya juga jauh jika dibanding kopi.

Cascara juga tidak sama dengan secangkir teh. Jadi cascara memang punya karakter rasa tersendiri.

Cara menikmati teh cascara sama seperti membuat teh biasa. Yaitu dengan menaruh kulit kopi yang sudah dikeringkan, lalu dituang air panas. Ada yang menikmati dengan ditambah gula, dan ada juga yang tidak.

Kekentalannya pun sama seperti menikmati secangkir teh. Disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau mau menikmati cascara, tidak perlu repot-repot menjemur sendiri kulit kopi. Saat ini sudah banyak toko online yang menjualnya. Selamat mencoba.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image