Americano, Menu Kopi yang Lahir dari Perang Dunia ke-2

Sejarah  

Serangan Rusia ke wilayah Ukraina pada Kamis (24/2) kemarin, membuat masyarakat di dunia khawatir akan kembali terjadinya perang besar antar negara di dunia. Berbicara mengenai perang, ada satu menu kopi yang lahir dari Perang Dunia ke-2, apakah itu?

Americano (ilustrasi)
Americano (ilustrasi)

Menu kopi yang lahir di era Perang Dunia ke-2 yang masih bisa kita nikmati hingga saat ini adalah Americano. Tentu kita semua sudah mengenal apa itu Americano. Kisah terciptanya menu kopi Americano berawal ketika tentara Amerika Serikat di tempatkan di Italia selama Perang Dunia ke II.

Seperti kita tahu, Italia bersama Jerman merupakan lawan dari tentara sekutu di Eropa selama perang dunia kedua. Berbeda dengan pasukan sekutu yang berperang di wilayah Eropa lainnya, kondisi pasukan AS yang berada di Italia boleh dikatakan sedikit lebih baik. Mereka tidak terlalu menghadapi medan perang yang ganas, pasokan ransum yang cukup dan masih bisa menikmati kopi yang layak.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga: Americano dan Long Black, Menu Kopi yang Serupa tapi Tidak Sama

Tetapi, tentara AS kurang cocok dengan kopi yang dibuat oleh orang-orang Italia. Sebab, biasanya orang Italia menyukai kopi yang diseduh dengan metode pecolator seperti menggunakan mokapot dan alat pembuat espresso. Metode seduh ini menghasilkan kopi yang lebih pekat dan rasa yang lebih bold. Sementara orang-orang Amerika lebih senang kopi yang lebih ringan seperti diseduh dengan metode pour over.

Untuk menyiasati itu, barista di Italia kemudian menambahkan air panas ke dalam espresso. Hasilnya, adalah secangkir kopi yang tidak sekental espresso namun tetap bold. Cara ini kemudian menjadi populer di Italia selama masa Perang Dunia ke-2. Orang-orang Italia menyebut kopi itu dengan nama Cafe Americano alias kopi ala orang Amerika.

Baca Juga: Konflik Ukraina Memanas, Ridwan Kamil Pernah Berniat Buka Kafe di Ukraina

Menu Kopi ini tetap bertahan hingga kini dan kemudian namanya dipersingkat menjadi Americano saja. Secangkir Americano biasanya disajikan dengan volume 200 ml sampai 240 ml. Idealnya, perbandingan yang digunakan untuk membuat Americano adalah 1:4 dimana satu single atau double shot espresso ditambahkan empat bagian untuk air panas.

Americano juga bisa dinikmati dengan cara menambahkan gula atau susu sesuai selera. Selain itu, Americano juga menyegarkan jika dinikmati dengan ditambahkan es serta perasan lemon.

Sumber: warhistoryonline.com

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image