Kopi Hawai, Kopi dari Tanah Amerika Serikat

Umum  
Biji kopi  (sumber: republika)
Biji kopi (sumber: republika)

JAKARTA — Selama ini kita banyak menemukan kedai kopi Starbucks di banyak kota-kota besar di Indonesia. Keberadaan kedai kopi dari Amerika Serikat ini memang begitu menjamur di Indonesia. Mereka memiliki tempat tersendiri bagi sejumlah penikmat kopi di negara ini.

Kita tentu tahu kalau jelas Amerika Serikat bukanlah penghasil kopi. Artinya kopi-kopi yang disediakan di Starbucks ataupu kedai kopi asal negara berjuluk Paman Sam ini, diambil dari berbagai negara. Salah satunya tentu kopi lokal dari Indonesia.

Meski tidak memiliki perkebunan kopi yang luas, tapi ada satu wilayah di Amerika Serikat yang ternyata juga bisa menghasilkan kopi. Mau tahu? Wilayah yang menghasilkan kopi di AS adalah Hawai. Ya, Hawai adalah negara bagian AS.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Kenapa kandungan Kafein Robusta Lebih Tinggi dari Arabica?

Kedai Kopi jadi Tempatnya Para Pemberontak

3 Kopi Legendaris di Bogor

Hawai memiliki tanah yang subur, serta cuaca dan suhu yang mirip dengan wilayah tropis. Inilah yang membuat Hawai juga bisa menghasilkan tanaman kopi.

Mungkin yang banyak dikenal oleh para pecinta kopi adalah kopi Kona Hawai. Kopi ini dibudidayakan di Lereng Hualalai dan Mauna Loa di Distrik Kona Utara dan Selatan, yang merupakan salah satu pulau besar di Hawaii.

Tapi sebenarnya di Hawai sendiri memiliki beragam kopi. Dari delapan kepulauan di negara bagian Hawai, ada lima kepulauan yang menghasilkan kopi, yaitu: Maui, Kauai, Molokai, Oahu, dan Hawai. Kopi di masing-masing kepulauan ini juga memiliki karakter dan rasa yang berbeda-beda.

Adapun kopi yang tumbuh di kepulauan Hawai, berkembang di Kona, Puna dan Hamakua. Spesies tanaman kopi yang banyak tumbuh di sana adalah Typica, Caturra, Mocka.

Selain itu, salah satu yang juga dikembangkan di Hawai adalah kopi organik. Kopi organik Hawai menjadi salah satu produk yang terbaik. Memang tidak semua kopi Hawai bersertifikat organik, tetapi sebagian sudah mengarah ke sana.

Kopi Hawai dikenal memiliki harga yang lumayan mahal. Kenapa mahal?. Penyebab kopi Hawai mahal karena karakter dan rasa yang unik. Tapi selain itu, upah para pekerja kopi di sana memang mahal.

Berita Terkait

Image

Metode-Metode Menyeduh Kopi yang Wajib Kamu Ketahui

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image