AeroPress Alat Menyeduh Kopi Revolusioner, Ini Sederet Kelebihannya

Umum  

Mungkin anda pernah mendengar nama 'AeroPress'. Jika belum, AeroPress merupakan salah satu alat untuk menyeduh kopi yang popular di dunia. Bagi anda yang tengah mencari alat menyeduh kopi untuk di rumah, kantor atau kedai, maka AeroPress bisa menjadi pilihan utama karena punya banyak keunggulan.

Sebelum membahas apa saja keunggulan AeroPress, ada baiknya kita menenggok cerita ditemukannya alat ini. AeroPress merupakan alat menyeduh kopi yang diciptakan oleh Alan Adler. Pria asal Amerika Serikat itu bukanlah seorang barista, dia hanya seorang pengusaha yang sangat menyukai kopi. Perusahaan milik Alan Adler awalnya bergerak dalam memproduksi mainan olahraga yang cukup terkenal yakni frisbee, sejenis cakram plastik yang bisa diterbangkan dengan cara dilempar.

Alan Adler, pembuat Aeropress. (sumber: aeropress.com).
Alan Adler, pembuat Aeropress. (sumber: aeropress.com).

Pembuatan Aeropress berawal dari Alan Adler yang tidak menyukai rasa pahit berlebih (bitterness) pada kopinya. Ia pun berkonsultasi dengan barista-barista bagaimana mengurangi rasa pahit pada kopi yang diseduh. Hasilnya, disimpulkan mengurangi waktu seduh atau saat air berkontak dengan kopi bisa mengurangi rasa pahit pada kopi.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Untuk mempersingkat durasi waktu seduh, Alan menyadari perlu memanfaatkan tekanan. Ia pun menciptakan alat berbentuk tabung tertutup dan diberi pendorong untuk agar air bisa dengan cepat mengalir melewati bubuk kopi. Berbagai prototipe diciptakan olehnya, hingga akhirnya jadilah Aeropress dengan bentuk seperti saat ini. Aeropress terdiri dari satu buah tabung, satu buah plunger untuk mendorong air, dan top caps untuk meletakan filter.

Baca Juga:

Hukum Minum Kopi Luwak, Halal atau Haram?

Sejarah Kopi Luwak dan Cerita Kesengsaraan Rakyat di Masa Penjajahan

'Penataan Jangan Hanya di Malioboro, Kantong Parkirnya Juga'

Gunakan Bahan Kedaluarsa, Dua Gerai Starbucks di Cina Didenda Rp 3 Miliar

Awalnya Aeropress banyak yang memandang sebelah mata, lantaran bentuk dan bahan pembuatnya seperti mainan plastik. Namun, Alan Adler tidak menyerah dan tetap mempromosikan Aeropress sebagai alat menyeduh yang bisa menghasilkan secangkir kopi nikmat. Upaya Adler terbayar, saat ini Aeropress menjadi salah satu alat seduh paling laris di dunia.

"Kopi adalah fenomena global. Ada berbagai metode dan cara menyeduh kopi di dunia. Aeropress merupakan alat menyeduh yang bisa menghasilkan kopi nikmat dalam waktu satu menit. Aeropress juga merupakan alat menyeduh kopi yang mudah dibersihkan, portablel, terjangkau dan bisa digunakan untuk menyeduh dengan berbagai metode dan cara," ujar Adler.

Bukan cuma laris, Aeropress semakin mendapatkan pengakuan di dunia perkopian setelah adanya kejuaraan tingkat dunia yang digelar sejak 2008. Kini World AeroPress Championship (W.A.C) telah diikuti ratusan orang dari seluruh dunia. Di Indonesia sendiri juga telah digelar kejuaraan menyeduh dengan menggunakan AeroPress loh.

"Kejuaraan itu membuaktikan bahwa AeroPress dapat digunakan dengan banyak cara. Orang-orang terus menemukan cara baru dan menyempurnakan cara menyeduh yang sudah ada," ucapnya menanggapi World AeroPress Championship.

Lalu apa saja keunggulan AeroPress dibanding alat menyeduh kopi lainnya? berikut sejumlah kelebihan AeroPress:

1. Mudah Digunakan

Aeropress termasuk alat menyeduh kopi yang mudah digunakan. Bahkan bagi orang yang baru pertama kali belajar menyeduh kopi sendiri. Tanpa perlu resep-resep khusus ala profesional, kita sudah bisa mendapatkan seduhan kopi dengan rasa yang nikmat.

2. Cocok untuk dibawa traveling

Aeropress adalah alat menyeduh kopi yang paling mudah dibawa berpergian. Bahan pembuat Aeropress dari plastik, membuat kita tak perlu takut alat ini mengalami kerusakan jika terjatuh atau terhimpit barang-barang lain. Menyeduh dengan alat ini pun tidak ribet, seperti harus menggunakan teko leher angsa atau server kaca. Cukup tuangkan air panas dari gelas atau teko dan bisa langsung diletakan di atas gelas. Satu lagi, alat ini juga mudah dibersihkan setelah dipakai, jadi cocok untuk dibawa traveling ke atas gunung, puncak atau tempat wisata lainnya. Apalagi kini ada Aeropress Go berukuran lebih kecil dari Aeropress model sebelumnya.

3. Menyeduh dengan banyak metode

Aeropress bisa digunakan untuk banyak metode menyeduh serta membuat berbagai macam menu kopi. Lewat Aeropress kita bisa membuat espresso like, americano, filter coffee hingga Japanese ice coffee. Hal itu dimungkinkan karena kini banyak perusahaan-perusahaan lain membuat alat compatible digunakan untuk Aeropress. Seperti Fellow membuat top caps yang bisa digunakan untuk membuat secangkir espresso dengan Aeropress.

4. Hemat

Dengan menggunakan Aeropress kita bisa berhemat dalam menggunakan filter. Sebab, ada mesh filter yang bisa digunakan untuk Aeropress sehingga kita tidak perlu lagi membeli filter kertas. Tetapi dengan menggunakan filter kertas pun kita bisa berhemat, karena filter kertas Aeropress bisa digunakan untuk beberapa kali menyeduh. Bahkan Alan Adler, sang penemu, menggunakan satu kertas filter untuk dua hingga empat kali menyeduh, asal kopi yang digunakan tidak diganti-ganti ya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image