Yuanyang, Ini Cara Bikin Minum Kopi Dicampur Teh

Sejarah  
Yuangyang, memadukan kopi dan teh dalam satu cangkir  (foto:ottencoffee.co.id)
Yuangyang, memadukan kopi dan teh dalam satu cangkir (foto:ottencoffee.co.id)

JAKARTA — Kamu mungkin sudah terbiasa menikmati atau setidaknya tahu kalau kopi itu bisa dicampur dengan susu untuk menjadi sajian kopi susu. Atau sajian teh yang dicampur dengan susu yang kita kenal dengan teh tarik.

Tapi pernahkah kamu mencoba menyatukan kopi dan teh dalam satu cangkir?. Bisakah kopi dan teh dipadukan untuk menjadi sajian minuman yang enak?

Kamu pasti akan ragu kalau padua dua minuman ini akan bisa menghasilkan sajian yang enak. Karena kopi dan teh memang dua jenis minuman yang punya karakter dan cita rasa tersendiri.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Video Viral Jamaah Umroh Indonesia Bermasalah di Arab karena Pakai Joki Vaksin

Mengenal 'Kopi Jessica', Jangan Diminum Kamu Bisa Mati

Cara Mudah Menghilangkan Noda Kopi dan Teh di Baju atau Cangkir

Kopi Minuman Kesukaan Orang Saleh

Simpan saja keraguanmu itu. Memadukan kopi dan teh dalam satu cangkir minuman ternyata sudah lama dilakukan di di Hong Kong, beberapa kota di Dataran China. Termasuk juga ditemukan di Malaysia.

Perpaduan teh dan kopi ini dikenal dengan nama Yuanyang. Minuman ini sudah menjadi minuman masyarakat Hong Kong sejak dulu kala. Mereka biasa menikmatinya untuk menambah energi di pagi hari. Atau saat cuasa panas mereka menikmatinya dalam kondisi dingin.

Mengutip ottencoffee.co.id disebutkan Yuanyang terdiri dari kopi hitam (biasanya robusta), black tea dan susu kental manis. Komposisi antara kopi dan teh hampir sama banyaknya. Beberapa orang gemar menambahkan gula pada yuanyang-nya agar terasa lebih manis.

Adapun kata ‘yuanyang’ sendiri berasal dari kata yang berarti ‘bebek mandarin’. Yang di dalam budaya Tiongkok menyimbolkan kesempurnaan cinta karena hewan ini biasanya selalu muncul bersama pasangannya. Yuanyang adalah perpaduan antara dua unsur yaitu kopi dan teh. Sama seperti pasangan yaitu perempuan dan laki-laki yang saling melengkapi dan menyempurnakan.

Tak hanya di Hong Kong dan Dataran China saja, yuanyang juga ditemukan di Malaysia dengan nama berbeda yaitu ‘kopi cham’. ‘Cham’ dalam Bahasa Hokkien berarti ‘campur’. Selain itu kopi-teh ternyata juga ada di Ethiopia dan masyarakat di sana menyebut minuman ini dengan ‘spreeze’.

Sedang di Eropa yuanyang lebih akrab dikenal dengan istilah ‘cofftea’ yang merupakan singkatan dari coffee and tea. Seperti tak mau kehilangan peluang, ternyata Starbucks di Hong Kong sana juga memiliki menu Frappuccino khusus yuanyang. Frappuccino kopi dan teh ini hanya ada di Hong Kong dan bila kamu mampir ke sana bisa memesan minuman yang namanya Yuen Yeung Frappuccino Blended Cream.

Nah setelah membaca tulisan ini, apa kamu juga pingin coba menikmati Yuanyang? Ayo coba dulu bikin dari rumah.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image