Kopi Telur Vietnam Vs Kopi Telur Aceh, Mana yang Lebih Joss

Umum  
Kopi Telur Vietnam (ilustrasi)
Kopi Telur Vietnam (ilustrasi)

Kopi sejak lama telah menjadi minuman favorit bagi masyarakat di dunia, termasuk Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara. Salah satu buktinya adalah banyaknya menu minuman tradisional yang menggunakan bahan baku dari kopi, seperti kopi telur.

Kopi telur bukan hanya menu tradisional dari Indonesia saja, namun kita bisa menemukan racikan kopi telur di Vietnam. Nyaris tidak ada perbedaan antara kopi telur khas Pulau Sumatera dengan kopi telur tradisional Vietnam. Selain hanya tampilan, pada kopi telur khas Vietnam juga hanya ditambah sedikit rempah-rempah.

Untuk membuat secangkir kopi telur Vietnam pun mudah. Bahan yang diperlukan adalah satu atau dua butir telur, kopi, gula, krim kental manis dan kayu manis.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Cara membuat kopi telur Vietnam, pertama kita pisahkan dulu antara kuning dan putih telur. Disini, kita hanya membutuhkan kuning telur saja. Kuning telur yang sudah dipisahkan kemudian dikocok bersama dengan gula sebanyak kurang lebih satu sendok makan hingga mengembang. Sebaiknya menggunakan blender untuk mendapatkan tekstur yang creamy. Langkah berikutnya, kita membuat secangkir kopi.

Baca Juga

Resep Kopi Telur Aceh, yang Bikin Pria Makin Jos

Baru Buka Banget di Depok, Kafe Kece di Ujung GDC

Trauma Minum Jamu? Ini Cara Asyik Bikin Nagih Minum Jamu

Siapa Orang Pertama yang Minum Teh? Ini Jawabannya

Kopi bisa menggunakan mokapot, atau kopi instan yang dimasak dalam panci untuk mendapatkan karakter kopi yang pekat atau strong. Jika mengunakan kopi instan, pastikan hasil rebusan disaring terlebih dulu agar tidak ada ampas kopi yang terbawa.

Selanjutnya, tuangkan kental manis dalam gelas. Penggunaan kental manis disesuaikan saja dengan selera masing-masing. Setelah itu, tuangkan cairan kopi dalam gelas secara perlahan. Terakhir, secara perlahan juga tuangkan cream telur di atas kopi. Terakhir, agar kopi semakin nikmat tambahkan topping kayu manis bubuk di atas cream telur. Dan secangkir kopi telur vietnam siap diseruput.

Proses pembuatan kopi telur Aceh. (Sumber: tangkapan layar youtube @GORA COFFEE $ EATERY)
Proses pembuatan kopi telur Aceh. (Sumber: tangkapan layar youtube @GORA COFFEE $ EATERY)

Dari proses pembuatan di atas, yang membedakan kopi telur Vietnam dengan Indonesia hanya pada cara mencampur kopi dengan telurnya saja. Untuk kopi telur Aceh, cream telur langsung disiram dengan kopi panas.

Kopi telur kocok ini tidak hanya sedap, tapi juga dianggap punya khasiat agar pria lebih perkasa. Tapi juga dijadikan obat untuk sakit kepala. Mana yang lebih joss rasanya, itu semua kembali ke selera masing-masing.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image