Resep Kopi Telur Aceh, yang Bikin Pria Makin Jos

Umum  
Proses pembuatan kopi telur Aceh.     (Sumber: tangkapan layar youtube @GORA COFFEE $ EATERY)
Proses pembuatan kopi telur Aceh. (Sumber: tangkapan layar youtube @GORA COFFEE $ EATERY)

JAKARTA — Negeri seribu kedai kopi, begitulah sebutan yang sering dilabelikan untuk Aceh. Negeri yang melahirkan para pahlawan pemberani ini, tidak hanya dikenal sebagai penghasil kopi yang berkualitas. Tapi mereka juga memiliki tradisi kopi dan ngopi yang sangat khas.

Hampir di setiap sudut tempat, akan dengan mudah menemukan warung kopi ataupun kedai kopi. Hampir setiap hari kedai-kedai kopi ini ramai pengunjung.

Dengan banyaknya kedai kopi, tentu juga banyak sajian kopi yang ditawarkan. Salah satu yang hingga kini masih sangat ngetop adalah kopi telur kocok. Di Aceh kopi ini biasa disebut poding.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Ngopi di Sawah Bisa Jadi Sensasi Healing yang Berbeda saa Weekend

Biar Keren Saat Ngopi di Kafe, Kamu Perlu Tahu Jenis dan Sajian Kopi Ini

Siapa Orang Pertama yang Minum Teh? Ini Jawabannya

Brasil Produsen Kopi Terbesar Dunia, Awalnya Bibit dari Indonesia

Kopi telur kocok ini tidak hanya sedap, tapi juga dianggap punya khasiat agar pria lebih perkasa. Tapi juga dijadikan obat untuk sakit kepala.

Cara pembuatan kopi telur ini cukup mudah. Telur yang digunakan adalah telur ayam kampung, yang diambil kuning telurnya saja.

Kuning telur ini ditambahkan gula secukupnya, lalu dikocok hingga kental, lalu direndam air panas sekitar 3 menit. Setelah itu barulah dicampur dengan kopi saring. Untuk mengurangi amis, maka bisa ditambah sedikit kental manis. Ingat, sedikit kental manis, karena kopi telur identik tidak manis.

Di sejumlah kedai yang masih mempertahankan tradisi mengocoknya dengan lidi. Jadi ujung mixer diganti dengan lidi. Cara ini diyakini akan makin membuat tekstur kocokan lebih merata dan lembut. Tapi ada juga yang tetap menggunakan mixer biasa.

Sebenarnya kopi telur ini juga dikenal juga di kopi Vietnam. Atau biasa disebut Kopi Telur Vietnam. Proses pembuatannya juga hampir sama dengan proses pembuatan Kopi Poding Aceh.

Tapi Kopi Telur Kocok Aceh ini, pasti rasanya akan tetap lebih jos. Tentu saja rahasianya adalah kopi saring Aceh yang memang sangat mantaf.

Video pembuatan kopi telur Aceh:

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image