Brasil Negara Penghasil Kopi Terbesar Dunia, Awal Bibitnya dari Indonesia

Sejarah  
Petani memetik ceri kopi di perkebunan yang ada di wilayah Gunung Puntang, Jawa Barat. ( sumber foto: Abdan Syakura)
Petani memetik ceri kopi di perkebunan yang ada di wilayah Gunung Puntang, Jawa Barat. ( sumber foto: Abdan Syakura)

JAKARTA — Saat ini Brasil merupakan negara penghasil kopi terbesar di dunia. Tapi tahukah kamu kalau kopi negara Samba ini awalnya berasal dari kopi dari Indonesia?

Merujuk data International Coffee Organization (ICO), produksi kopi di Brasil sebesar 63,4 juta karung berukuran 60 kilogram (kg) pada tahun 2020. Angka ini jauh dibanding produksi kopi kita yang hanya sebesar 11,95 juta karung. Bahkan Ethiopia sebagai negara asal kopi juga produksinya hanya sebanyak 7,37 juta karung.

Selain Brasil, di atas Indonesia masih ada Vietnam dan Kolombia, yang produksi kopinya mencapai 29 juta karung dan 14,3 juta karung pada 2020.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sebelum kopi Indonesia mengalamai ‘ kiamat’ pada 1876, akibat wabah penyakit daun, kopi Indonesia merajai perdagangan kopi dunia. Hampir 2/3 pasar kopi di dunia di dominasi oleh kopi Indonesia yang saat itu dikenal sebagai kopi Jawa.

Kopi asal Jawa bukan hanya menjadi raja perdagangan internasional saat itu. Benih kopi Arabica varietas Jawa juga menyebar ke seluruh dunia, dan boleh disebut sebagai cikal bakal banyak kopi di negara-negara lain. Kesuksesan penanaman kopi di Priangan, yang saat itu Indonesia masih dikuasai Belanda, membuat Amsterdam menjadi pusat baru perdagangan kopi dunia menggeser Mokha, Yaman.

Baca Juga:

Ngopi di Sawah Bisa Jadi Sensasi Healing yang Berbeda saa Weekend

Biar Keren Saat Ngopi di Kafe, Kamu Perlu Tahu Jenis dan Sajian Kopi Ini

Siapa Orang Pertama yang Minum Teh? Ini Jawabannya

Selain membuka perkebunan kopi baru di wilayah Sumatra, Belanda juga membuka perkebunan kopi di Suriname dengan menggunakan bibit dari Priangan.

Kesuksesan Belanda membuat Prancis juga menginginkan hal yang sama. Raja Prancis Louis XIV meminta bibit pohon kopi dari Belanda yang kemudian ditanam di Royal Jardine des Plates.

Pohon kopi dari Royal Jardine des Plates kemudian dicuri oleh Gabriel Mathiew de Clieu, perwira angkatan Laut Prancis. De Clieu menanam bibit pohon kopi asal Jawa di wilayah Martinique, yang kemudian menyebar ke seluruh Karibia, Amerika Tengah, Amerika Selatan, Meksiko.

Bahkan Brasil, yang kini merajai perdagangan kopi dunia, pertama kali juga mendapat bibit pohon kopi dari Guyana Suriname, yang diketahui awalnya berasal dari Jawa.

Dan dalam perkembangannya, ketika Indonesia mengalami ;kiamat kopi’ Brasil terus menggenjot produksi kopi mereka. Hanya dalam waktu kurang dari 15 tahun, perkebunan kopi di Brasil meningkat empat kali lipat. Dari sinilah era kopi Brasil yang gantian menguasai pasar dunia.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Tukang Ngopi dan Nge-Game

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image