Teh Hijau tidak Mengandung Kafein, Fakta atau Mitos?

Santai  

Banyak orang berpikir bahwa green tea atau teh hijau adalah jenis teh yang tidak memiliki kandungan kafein. Faktanya, teh hijau tetap mempunyai kandungan kafein, meski kadarnya memang jauh lebih kecil dibandingkan teh hitam.

Teh Hijau (ilustrasi)
Teh Hijau (ilustrasi)

Umumnya dalam secangkit teh hijau murni dengan porsi 8 ons mengandung sekitar 25 miligram kafein. Jumlah kafein teh hijau kira-kira 1/4 jumlah kafein dalam secangkir kopi dengan ukuran yang sama, dan setengah dari jumlah kafein pada teh hitam dalam ukuran yang sama.

Namun itu tidak bisa kita jadikan patokan, sebab teh hijau juga punya beberapa variasi yang jumlah kafeinnya juga berbeda-beda, mulai dari 12 mg sampai 75 mg. Bahkan pada beberapa jenis teh hijau bubuk seperti matcha jumlah kafeinnya lebih banyak. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kadar kafein dalam teh, termasuk teh hijau.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Baca Juga:

Dianggap Lebih Menyehatkan, Apa itu Teh Hijau?

Apa itu Teh Hitam?

Ini Cara Menyeduh Teh Agar Hasil Semakin Nikmat

Jika sobat tak mau minum teh hijau yang banyak mengandung kafein ada beberapa cara. Berikut caranya:

- Sebaiknya tidak membeli minuman teh hijau yang ada di coffee shop atau kedai

Menu minuman teh hijau yang ada di coffee shop atau kedai seperti matcha latte biasanya mengandung lebih banyak kafein. Seperti contohnya Starbucks Green Tea Creme Frappuccino ukuran Tall atau 12 oz, mengandung 75 mg caffeine atau 50 mg per 8 oz.

- Pilih decaf green tea (teh hijau)

Sobat bisa membeli teh hijau yang telah melewati proses decaf. Tapi ingat, meski sudah melewati proses decaf, bukan berarti teh hijau itu sudah bebas kafein, namun kadarnya relatif lebih rendah dibanding green tea lainnya.

- Minum teh hijau blend

Teh hijau blend atau yang sudah dicampur dengan bahan lain, seperti lemongrass atau mint dengan perbandingan 50:50, biasanya punya kadar kafein yang lebih rendah dibanding yang tidak dicampur.

- Menyeduh teh hijau dengan benar

Banyak orang menggunakan air mendidih untuk menyeduh teh hijau dengan durasi tiga sampai empat menit. Hal ini sebenarnya justru meningkatkan kadar kafein. Cobalah menyeduh teh hijau dengan durasi yang tidak telalu lama seperti satu setengah menit hingga maksimal tiga menit.

- Hindari teh hijau bubuk.

Teh hijau bubuk, seperti matcha, dikonsumsi sebagai suspensi, bukan infus. Itu berarti Anda meminum daunnya alih-alih infus daunnya, dan Anda mengonsumsi setiap kafein terakhir yang ditawarkannya.

Baca Juga:

MP3 Juice, Download MP3 dari Youtube Tanpa Aplikasi Langsung dari Ponsel

YTMP3, Download Lagu dari Youtube Jadi MP3 Langsung di Ponsel

Download GB WhatsApp (WA GB) Pro Mod Apk Terbaru Februari 2023

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

Bacaan ringan untuk menemani minum kopi atau teh

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image